Minggu, 27 May 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Menyusui, Investasi Kini dan Nanti

Selasa, 06 Mar 2018 10:13 | editor : Bayu Wicaksono

Mom and Child Club menggelar seminar tentang ASI.

Mom and Child Club menggelar seminar tentang ASI.

RADAR SOLO - Di era modern ini, seorang ibu tidak hanya fokus pada tugas rumah tangga, namun tak sedikit dari mereka yang juga turut bekerja. Nah, bagi ibu yang bekerja, mereka tetap punya hak untuk menyusui. Sehingga seorang ibu wajib mengetahui pentingnya ASI dan berbagai hal tentang menyusui.

Mom and Child Club (MoCC) RS DR OEN SOLO BARU mengajak para ibu maupun calon ibu untuk memahami tentang ASI dan menyusui lewat seminar Menyusui: Investasi Kini dan Nanti pada Sabtu (3/2) lalu. Seminar diisi dr Pongky Suryotriwati, Sp A.

Dr Pongky memaparkan, ASI memiliki kandungan utama berupa laktosa, lemak, oligosakarida, dan protein. ASI steril dan mengandung banyak zat gizi serta enzim-enzim yang memudahkan bayi untuk mencerna. ASI juga mengandung kolostrum dan immunoglobulin yang bermanfaat sebagai zat kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

”Keunggulan utama menyusui adalah aspek psikologis, di mana ASI dapat meningkatkan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak,” ujar dr Pongky.

Ia merekomendasikan kepada peserta untuk memberi ASI eksklusif. Tanda-tanda bayi mendapat ASI cukup yaitu buang air kecil sebanyak 6-8 kali per hari, peningkatan berat badan rata-rata 500 gram per bulan, memiliki warna kulit dan turgor yang baik, serta terlihat sehat dan cukup aktif. Idealnya, bayi menetek kurang lebih 8-12 kali per hari.

”Terkadang ibu mengalami berbagai masalah saat menyusui. Seperti kesalahan teknik menyusui, peradangan pada payudara ibu. Untuk ibu yang bekerja, harus paham petunjuk penyimpanan ASI yang baik dan benar,” papar dr Pongky.

Selain dr Pongky, seminar juga diisi Tri Irianty, Amd Keb dari Klinik Ibu dan Anak RS DR OEN SOLO BARU. Ia menunjukkan cara perawatan payudara pada ibu menyusui. ”Para ibu maupun calon ibu juga perlu tahu cara memelihara kebersihan payudara, melancarkan keluarnya ASI, mencegah bendungan pada payudara, dan mencegah payudara bengkak,” pungkas Tri.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia