Selasa, 19 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Nyolong Lovebird, Ketahuan, Ibu Satu Anak Dihajar Massa

Selasa, 13 Mar 2018 15:45 | editor : Fery Ardy Susanto

Pelaku pencurian burung lovebird, Novia Tri Astuti diamankan di Polsek Banjarsari, Selasa (13/3).

Pelaku pencurian burung lovebird, Novia Tri Astuti diamankan di Polsek Banjarsari, Selasa (13/3). (ANTONIUS CHRISTIAN/RADAR SOLO)

SOLO – Sebulan di-PHK dari pabrik konveksi membuat perekonomian keluarga Novia Tri Astuti, 35, warga Dukuh Purbayan, RT 05 RW 01 Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo goyah. Apalagi gaji suaminya yang hanya buruh mabel tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Nah saat  melihat burung lovebird tergantung di sebuah rumah di Kampung Sumpingan, Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, muncuk niat Novia untuk mencurinya.

Ibu satu anak ini nekat mencuri tiga burung lovebird, Senin siang (13/3). Saat itu burung sedang dijemur pemiliknya. Memudahkan aksinya, pelaku bepura-pura mencari alamat.

Tak lama, pemilik rumah keluar membeli rokok di warung. pelaku langsung mengambil tiga burung dalam sangkar yang digantung di teras. Lalu kabur naik sepeda motor Yamaha Mio nopol AD 4918 PT warna merah.

Apes, baru jalan 10 meter, korban melihat aksi pelaku. Langsung meneriakinya maling. Warga sekitar berdatangan turut mengejar pelaku.

Usaha pelaku kabur dari kejaran massa gagal. Warga berhasil menghentikan pelaku di ujung jalan kampung, sekitar 500 meter dari lokasi. Massa yang geram sempat menghadiahi pelaku dengan bogem mentah hingga jari telunjuk kanan patah.

“Ada yang mau mencoba mukul pakai helm kearah kepala, terus saya berusaha nangkis, malah jari saya patah,” beber pelaku kepada Jawa Pos Radar Solo.

Kanit Reskrim Polsek Banjarsari, Iptu Syarifudin membenarkan peristiwa tersebut.

“Mengaku baru pertama kali ini mencuri di kawasan tersebut. masih kami telusuri apakah benar baru pertama ini, atau memang ada pelaku lain,” terangSyarifudin mewakili Kapolsek Banjarsari, Kompol I Komang Sarjana.

Pelaku beserta barang bukti berupa tiga burung lovebird dan sepeda motor diamankan di polsek. Tersangka terancam dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 4 tahun pejara.

(rs/atn/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia