Jumat, 25 May 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Tarif Kereta Solo Ekspres Ternyata Mahal

Jumat, 18 May 2018 09:40 | editor : Fery Ardy Susanto

Tarif Kereta Solo Ekspres Ternyata Mahal

SOLO - Kehadiran Kereta Api Solo Ekspres jalur Solo-Kutoarjo yang resmi meluncur kemarin mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Bagi pengguna moda transportasi kereta, mereka kini memiliki pilihan. Meski harga tiket jauh lebih mahal, namun dari sisi kecepatan dan kenyamanan memang lebih bagus dibanding KA Prameks. 

Salah seorang penumpang Solo Ekspres, Angin Elanda Jagat, 20, mengatakan, sejak tahu informasi mengenai rencana beroperasinya kereta ini dari sosial media, dia langsung berminat untuk mencoba kereta ini.

”Kalau ini keretanya lebih bagus karena memiliki banyak fasilitas. Tentunya juga lebih bersih dan nyaman sebab dari segi harga memang berbeda,” ujarnya kepada koran ini saat dalam perjalanan dari Stasiun Balapan menuju Tugu, Jogjakarta, Kamis (17/5).

Angin mengatakan, selama ini dia terbiasa naik Prameks dengan harga tiket Rp 8 ribu sekali jalan. Namun, dengan kehadiran KA Solo Ekspres ini, kini dia bisa memiliki alternatif bila bepergian dari Solo ke Jogja. Meski harga tiket jauh lebih mahal Rp 30 ribu untuk Solo-Jogja dan Rp 40 ribu untuk Jogja-Kutoarjo, tapi sebanding dengan fasilitasnya.

”Kalau menurut saya harganya tidak terlalu mahal, karena memang dari segi fasilitas memang baik. Tapi bagi mereka yang setiap hari wira-wiri Solo-Jogja, tentu harga ini memberatkan,” imbuhnya.

Penumpang lain Herita Tyas, 26, juga merespons positif kehadiran Solo Ekspres. Apalagi, setiap hari dirinya beraktvitas dari Kutoarjo ke Jogja dan Solo karena tuntutan pekerjaan. Jadi, keberadaan kereta ini bisa menjadi solusi bagi dia dan penumpang lain.

”Kalau Kutoarjo-Solo dengan harga Rp 40 ribu sama saja dengan harga naik bus. Tapi kalau menggunakan bus butuh waktu lama dan harus oper. Kalau saya lebih memilih kereta ini karena lebih nyaman,” ujarnya.

Selama ini dirinya menjadi salah satu pengguna KA Prameks. Apalagi kondisi rumahnya yang dekat dengan Stasiun Kutoarjo membuatnya mudah menggunakan Prameks.

”Kereta ini bisa jadi alternatif kalau kehabisan tiket Prameks. Selama ini kalau kehabisan tiket Prameks, saya biasa naik kereta jurusan Jakarta-Solo,” ujarnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo juga memberikan apresiasi penuh. Hal ini sebagai wujud pelayanan dengan memberikan armada transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Minimal nantinya masyarakat tidak perlu menggunakan bus untuk datang ke Solo. Sebab, sudah ada layanan kereta yang langsung dari Kutoarjo dan Jogjakarta.

”Dengan naik kereta masyarakat bisa lebih nyaman. Mudah-mudahan nanti tidak hanya satu kereta ini saja, namun ada pula kereta-kereta lainnya yang bisa dioperasikan. Dengan begitu dapat mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” ujar wali kota usai melepas KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan, kemarin.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri yang juga hadir dalam peresmian tersebut juga berharap kehadiran Solo Ekspres sebagai cikal bakal kereta api abdnara ini bisa menjadi solusi pemecah kepadatan jalur Solo-Jogja.

”Perjalanan kurang lebih selama dua jam untuk Solo-Kutoarjo dan sebaliknya. Penumpang juga mendapatkan fasilitas berbeda dengan penumpang Prameks. Selain AC, ada pendingin udara, TV, USB port, dan toilet. KA ini juga mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta,” terangnya saat peresmian.

Untuk harga, selama empat hari pertama sejak diresmikan, penumpang akan digratiskan. Namun, selanjutnya akan dikenakan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk tujuan Solo-Kutoarjo, Rp 30 ribu untuk Solo-Jogja, dan Jogja-Kutoarjo Rp 30 ribu. Namun, memasuki masa angkutan Lebaran, penerapan tarif akan berbeda. Khususnya 5-26 Juni. Pada masa angkutan Lebaran, tarif yang dikenakan Rp 60 ribu untuk Solo-Kutoarjo, dan Rp 45 ribu untuk Solo-Jogja maupun Jogja Kutoarjo.

Terkait d kelanjutan untuk kereta bandara, saat ini tengah diselesaikan oleh PT KAI. Semua sarana nantinya akan disediakan oleh PT KAI bekerjasama dengan PT INKA dan PT Angkasa Pura yang nanti akan menyediakan stasiun bandara.

Komisaris Utama PT KAI Suhono H Supangat menambahkan bahwa nantinya kereta ini akan menjadi pendukung mobilitas bagi masyarakat saat Lebaran. Sehingga dua rangkaian trainset ini akan dimanfaatkan penumpang sebagai angkutan Lebaran.

”Kalau kami pada dasarnya adalah melayani. Memang untuk kereta yang baru beroperasi ini belum bisa dilihat banyak dan tidaknya. Namun harapannya dapat mengurai kepadatan,” imbuhnya.

TARIF NORMAL SOLO EKSPRES

Solo-Jogja (Rp 30 Ribu)

Solo-Kutoarjo (Rp 40 Ribu)

TARIF LEBARAN

Solo-Jogja (Rp 45 Ribu) 

Solo-Kutoarjo (Rp 60 Ribu)

(rs/vit/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia