Selasa, 26 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Bisnis Kerudung dan Gamis Paling Laris

Kamis, 24 May 2018 14:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Saat Ramadan, produk baju koko, kerudung, dan gamis banyak diminati pembeli.

Saat Ramadan, produk baju koko, kerudung, dan gamis banyak diminati pembeli. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

SOLO - Pedagang busana muslim ikut ketiban berkah Ramadan. Dagangan mereka laris diburu konsumen. Terutama baju koko, kerudung, dan gamis. Penambahan stok dilakukan untuk melayani banyaknya permintaan.

“Sudah ada beberapa pembeli retail maupun borongan. Biasanya puncaknya (pembelian, Red) itu pada pekan kedua minggu kedua bulan Ramadan ini.  Makanya jauh-jauh hari sebelum puasa kami tambah pasokannya," beber Wati Nur Hayati, pedagang busana muslim di Pasar Klewer, Rabu (23/5).

Selain gamis dan baju koko, produk batik dan kebaya banyak diborong pelanggan. Memanfaatkan momen ini, pedagang harus jeli menangkap selera pasar. Salah satu caranya dengan mengamati model busana terkini di internet. 

Pedagang Pasar Klewer lainnya Wahyu  mengatakan, penambahan stok busana persen mencapai 50 persen dibandingkan hari biasa. Namun, di masa transisi menempati pasar permanen Klewer, jumlah transaksi relatif rendah dibandingkan saat di pasar darurat Alun-Alun Utara Keraton Solo.

"Kalau ditotal ya memang (nilai transaksi, Red) masih banyak di pasar darurat,” terangnya.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Tafip Harjono menerangkan, transaksi produk sandang di Pasar Klewer mulai mengalami peningkatan. Sebab itu, pihaknya optimistis omzet pedagang pada Lebaran kali ini bisa menggembirakan.

"Menuju pertengahan Ramadan, permintaan cukup stabil. Nah, memasuki akhir Ramadan, biasanya pedagang mengurangi stok barangnya. Namun mereka harus melihat situasi terlebih dahulu. Karena pada H+7 Lebaran masih ada pembeli yang memesan barang,” pungkasnya.

(rs/ves/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia