Rabu, 20 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Puan Terjun ke Lapangan, Cek Langsung Bantuan Pemerintah Pusat

Sabtu, 26 May 2018 22:40 | editor : Fery Ardy Susanto

Menko PMK Puan Maharani kunjungan ke Desa Ngaren, Kecamatan Pedan, Jumat (25/5).

Menko PMK Puan Maharani kunjungan ke Desa Ngaren, Kecamatan Pedan, Jumat (25/5). (ANGGA PURENDA)

KLATEN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Desa Ngaren, Kecamatan Pedan, Jumat (25/5). Pada kesempatan ini, Puan ingin mengecek langsung sejumlah bantuan yang diberikan pemerintah pusat. Apakah sudah menyasar ke masyarakat atau belum.

Bantuan yang disalurkan menyasar 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), 200 KPM bantuan sosial beras sejahtera, 260 KPM Kartu Indonesia Pintar (KIP), bantuan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), hingga 500 paket sembako kepada masyarakat setempat.

”Ini kan program prioritas pemerintah kepada masyarakat. Saya ingin mengecek seperti apa? Apakah tepat sasaran atau tidak?” kata Puan kepada Jawa Pos Radar Solo.

Di bidang pertanian, Puan menyalurkan 3 unit mesin alat pemotong padi, 1 unit kendaraan pengangkut hasil panen, 1 unit kendaraan pengangkut sampah, 10 unit hand tractor, dan 500 pohon bibit mangga serta rambutan. Bantuan diserahkan kepada kelompok tani yang tersebar di 26 kecamatan.

”Saya berharap bibit tanamannya segera ditanam. Kalau nanti saya datang lagi, mau lihat sudah ada buahnya apa belum. Hasil tanaman ini nanti bisa dikonsumsi sendiri, bisa juga dijual,” tandasnya.

Puan juga memberikan bantuan pendidikan. Yakni masing-masing 5 unit komputer untuk SMPN 1 Delanggu, SMPN 1 Karanganom, SMPN 1 Karangdowo, SMPN 2 Prambanan, dan SMPN 4 Klaten. Plus bantuan perlengkapan sekolah bagi pelajar. Selain itu, 100 orang juga telah menerima Surat Keputusan Tunjangan Profesi Guru (SK TPG). Puan berharap SK tersebut bisa lebih mendidik anak bangsa.

Bantuan terakhir, yakni light tower portable bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

”Di sini segala bantuan sudah berjalan semestinya. Peran pendamping sangat penting untuk membantu KPM. Guna penerima bantuan juga memanfaatkan bantuan dengan baik dan tepat sasaran,” pungkasnya. 

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia