Kamis, 21 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Kendaraan Melebihi Tonase Sering Bikin Jalan Cepat Rusak

Sabtu, 26 May 2018 23:18 | editor : Fery Ardy Susanto

Pekerja DPU-PR Karanganyar menambal Jalan Ngargoyoso.

Pekerja DPU-PR Karanganyar menambal Jalan Ngargoyoso. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menargetkan perbaikn jalan bakal selesai sebelum arus mudik Lebaran 2018. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Karanganyar, Edy Sriyatno mengungkapkan, pada APBD 2018 ini pihaknya menganggarkan Rp 700 juta untuk peningkatan jalan di beberapa titik. Jalan tersebut nantinya bakal dilalui oleh sejumlah pemudik yang bakal melintas di Kabupaten Karanganyar.

”Tidak hanya di kota saja. Beberapa ruas jalan kabupaten nantinya juga akan dilalui oleh sejumlah pemudik. Nanti akan akan ada perbaikan seperti penambalan dan tahap leveling,” terang Edy kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (25/5).

Diungakapkan Edy, banyaknya ruas jalan yang rusak disejumlah wilayah, terjadi bukan lantaran kualitas bahan jalan. Dirinya menilai itu terjadi lantaran jalan tersebut banyak dilalui sejumlah kendaraan besar yang nekat melintas di jalan yang tidak seharusnya dilalui.

”Kelebihan tonase, ada aturannya, tapi pengemudi truk itu kadang nekat. Biasanya itu terjadi pada jalan-jalan desa yang sekarang beralih statusnya jadi jalan kota. Mau tidak mau kami harus menganggarkan untuk perbaikan,” jelas Edy.

Dirinya menargetkan sebelum mudik Lebaran, semua lubang jalan harus bisa tertutup. Hal tersebut sebetulnya sudah dimulai sejak awal tahun 2018. Perbaikan sendiri dilakukan secara bertahap.

”Targetnya bebas lubang, saat Lebaran nanti. Pekerjaan pemeliharaan jalan merata di semua wilayah kecamatan. Biasanya ora ketang sitik, ada kerusakan di semua wilayah. Minimal membenahi bahu jalannya,” pungkasnya.

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Raharjo mengapresiasi kinerja dari DPU PR yang sigap melakukan proses penambalan.

”Bagus, cekatan kerjanya. Respon pengerjaannya juga cukup baik,” puji Prijo.

(rs/rud/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia