Kamis, 21 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Guru Cabul Divonis 15 Tahun Penjara

Jumat, 08 Jun 2018 22:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Guru Cabul Divonis 15 Tahun Penjara

WONOGIRI - Suratno, 48, guru SD di Girimarto, Wonogiri divonis 15 tahun penjara. Atas kasus pencabulan terhadap 33 siswi di SD tempat dirinya mengajar. Vonis dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, Kamis (7/6). Vonis ini setahun lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Majelis hakim yang terdiri atas, Lingga Setiawan sebagai ketua, Ni Kadek Ayu Kamadewi, dan Anita Zulfiani, keduanya sebagai anggota, menyatakan Suratno terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan telah melakukan kekerasan seksual terhadap 33 siswi dari dua SD tempat terdakwa mengajar selama 2016-2017.

”Terdakwa terbukti menyetubuhi satu korban dan mencabuli 32 siswi lainnya,” kata Lingga Setiawan dalam persidangan.

Menurut hakim, hal itu berdasar fakta persidangan yang menurut hakim tak terbantahkan meski Suratno membantah perbuatannya. Hasil visum, membuktikan tersangka telah melakukan persetubuhan. Kesaksian korban dan barang bukti semakin menguatkan, sehingga alat bukti tersebut tak bisa dibantah lagi.

Hakim memiliki pertimbangan lain dalam menjatuhkan hukuman karena tak sepakat dengan tuntutan JPU yang sebelumnya menuntut Suratno dengan pidana 14 tahun penjara. Menurut hakim, terdakwa harus diberi hukuman setimpal karena perbuatannya telah mengakibatkan para korban trauma, yang merusak masa depan para korban.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia