Selasa, 19 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Features

Cara Komunitas Exalos Gantian Jaga Hewan Peliharaan saat Lebaran

Senin, 11 Jun 2018 11:15 | editor : Fery Ardy Susanto

Anggota Komunitas Exalos Solo.

Anggota Komunitas Exalos Solo. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

ADA-ada saja cara komunitas Exotic Animal Lover Solo (Exalos) ini untuk saling menjaga hewan peliharaan. Yakni mengundi siapa yang bertugas menjaga hewan peliharaan saat anggota lainnya mudik Lebaran.

Jelang Lebaran, Komunitas Exalos merapatkan barisan. Agenda kopi darat terakhir, Minggu (10/6) diisi pengundian tugas jaga hewan peliharaan.

“Ini pertemuan rutin biasa. Tapi karena sudah dekat Lebaran, kami mendata siapa saja yang akan mudik dan siapa yang masih di Solo untuk jaga hewan,” ujar salah seorang anggota Exalos, Deo Fajar Andika, 28, kepada Jawa Pos Radar Solo.

Pertimbangan lain, giliran jaga dipilih yang rumahnya agak luas, lingkungan nyaman, serta restu dari keluarga. Karena akan kedatangan tamu nyentrik, berupa hewan ekstrem.

Pilihan akhirnya jatuh pada anggota baru, Mahfud Rifa’i, 23. Baru dua bulan bergabung, dirinya bersedia merawat hewan-hewan titipan anggota yang lain yag sedang libur Lebaran.

“Sebenarnya saya baru kenal hewan-hewan seperti reptil, serangga, dan hewan yang cukup tidak lazim dipelihara ini ya sejak gabung di Exalos. Tapi ya tidak apalah, hitung-hitung belajar pendekatan sama peliharaan kawan,” gurau Rifa’i.

Ia mengaku urusan merawat hewan cukup berpengalaman. Enam tahun terakhir, kerap dititipi berbagai jenis peliharaan kawan-kawannya yang lain. Hanya saja, hewan yang dititipkan itu biasanya kucing dan anjing. Sementara sekarang dititipi ular, tarantula, kalajengking, luwak, musang, berang-berang, dan lainnya.

“Ini gratis lho, nggak dipungut biaya, murni bantu teman. Nanti kalau soal urusan pakan bisa dibicarakan. Karena reptil tidak setiap hari makan. Kecuali musang dan berang-berang,” bebernya.

(rs/ves/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia