Jumat, 22 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Konsumsi Masyarakat Mulai Meningkat

Senin, 11 Jun 2018 15:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Konsumsi Masyarakat Mulai Meningkat

KARTASURA - Menjelang hari raya Idul Fitri konsumsi masyarakat mulai meningkat. Hal itu terlihat dari padatnya swalayan dan pusat perbelanjaan. Kebanyakan mereka membeli kebutuhan logistik dan pakaian untuk lebaran.

Beberapa pusat perbelanjaan di wilayah Grogol dan Kartasura terlihat cukup padat kemarin. Semuanya saling berdesak – deskan membawa troli untuk mengambil barang-barang yang dibutuhkan. Selain itu, mereka tidak hanya membeli satu atau dua item. Namun, sampai satu dus bahkan lebih.

Seperti yang dilakukan Yani, 28, warga Baki, Minggu (10/6), dia mengaku membeli kebutuhan untuk munjung sebelum lebaran dan logistik lebaran. Beberapa barang dibelinya seperti Sirup, Biskuit, Gula, Teh, dan banyak lainnya.

”Biasa keluar uang lebih saat lebaran seperti ini,” tuturnya.

Biasanya sekali berbelanja dia hanya mengeluarkan uang Rp 200 ribu. Namun, menyambut momen lebaran ini dia bisa mengeluarkan uang mulaai Rp 200-500 ribu. Sebab, banyaknya kebutuhan yang ada. Yani menjelaskan, sebelum lebaran memang dia memiliki tradisi untuk mengirimkan makanan untuk saudaranya yang lebih tua. Yani menuturkan, dirinya sudah biasa melakukan hal tersebut. Sebab, dalam sejarah keluarganya memang yang muda harus menghormati orang yang lebih tua.

Selain membeli kebutuhan untuk munjung, dia juga membeli kebutuhan untuk lebarannya. Dia menturkan, hal itu untuk menerima tamu baik saudara maupun kerabatnya yang datang ke rumah.

Menurut dia, momen ramadan menjadi momen yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Wajar saja bila dirinya merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

(rs/yan/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia