Kamis, 21 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Bisnis Iklan Berjalan (4)

Tren Iklan Mulai Bidik Kendaraan Roda Dua Alias Sepeda Motor

Minggu, 15 Oct 2017 09:50 | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi iklan berjalan di roda dua

Ilustrasi iklan berjalan di roda dua (net)

Berbeda dengan startup lain yang menghadirkan iklan di bodi mobil, Karta justru berusaha menghadirkan iklan di kendaraan roda dua alias sepeda motor.  Startup ini didirikan Andrew T. Setiawan bersama dua rekannya, Tjokro Wimantara dan Jeff Hendrata. Karta mengklaim sebagai perusahaan teknologi yang menjadi penghubung antara pengendara bermotor dan pihak yang ingin beriklan. Dengan menjadi rekan Karta, pengendara akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan rutinitas pekerjaan kesehariannya. Mereka hanya cukup membantu mengiklankan selama berkendara dengan mengenakan jaket iklan, atau menginstalasi papan iklan pada motor yang dikendarai. 

Teknologi Karta memberikan kemudahan bagi pihak pengiklan untuk memonitor dan menganalisa performa dari iklan yang ditayangkan. Dengan adanya Karta, pengendara dan pihak pengiklan dapat berkolaborasi untuk mendapatkan keuntungan secara bersama

Untuk menghitung jarak yang ditempuh setiap pengendara motor yang menjadi mitra mereka, Karta memanfaatkan GPS yang ada di smartphone para pengendara. Karta telah mendapat investasi tahap awal dengan nominal tidak disebutkan dari VIAEight, perusahaan pembuat neon box dan stiker iklan di berbagai tempat seperti bus TransJakarta, kereta Commuter Line, dan stasiun kereta. 

Puluhan brand sudah menjadi klien Karta. Di antaranya Indomilk, Sariayu, Neozep, Tokpedia, Sunsilk, Permata Bank, Panin Bank, Axis, XL, Pantene, Mall Matahari, dan Shopee. “Sebulan saya dapat empat ratus ribu. Lumayan buat tambahan penghasilan,” kata salah satu driver Gojek yang motornya menjadi iklan berjalan Shopee. 

Selain Karta, Sticar, dan Ubiklan, startup lain yang bermain di ranah bisnis yang sama adalah Promogo, Klana, KarAds, DoQar, dan StickEarn.

(sb/han/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia