Rabu, 20 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Sidoarjo

Program Sidoarjo Peduli Sungai dan Sekolah Sungai Siap Dilaunching

Bakal Diikuti 1000 Relawan

Kamis, 26 Oct 2017 08:56 | editor : Lambertus Hurek

PERSIAPAN: Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sigit Setyawan (paling kiri) memimpin rapat koordinasi program Sidoarjo Peduli Sungai, Rabu (25/10).

PERSIAPAN: Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sigit Setyawan (paling kiri) memimpin rapat koordinasi program Sidoarjo Peduli Sungai, Rabu (25/10). (ANNISA FIRDAUSI/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Program Sidoarjo Peduli Sungai (SPS) siap dilaunching. Dalam rapat koordinasi, Rabu (25/10), tim yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Radar Sidoarjo, masing-masing melakukan pemaparan untuk pemantapan kegiatan.

Kepala DPUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, Sidoarjo Peduli Sungai akan dilaunching pada 4 November 2017, yang sekaligus launching Sekolah Sungai. Lokasinya di Sungai Pelayaran, Desa Ngelom, Kecamatan Taman. Usai launching ini, akan dilanjutkan dengan bersih-bersih sungai tersebut yang dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. 

“Nantinya akan ada 1000 relawan yang akan ikut bersih-bersih sungai. Mereka akan bersama-sama terjun ke sungai dan membersihkan sampah,” ungkap Sigit.

Diterangkan, di Sungai Pelayaran itu nantinya sepanjang 1,3 kilometer akan dibersihkan. Selama ini, banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Hal itu menyebabkan aliran sungai tidak lancar. 

Tidak hanya di Desa Ngelom yang menjadi sasaran, melalui Sidoarjo Peduli Sungai ini, nantinya ada tujuh sungai di tujuh kecamatan lainnya yang juga akan dibersihkan dengan cara bergotong royong. Yakni di Kecamatan Sidoarjo, Buduran, Candi, Gedangan, Sedati, Sukodono, Taman, dan Waru. Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan secara bergantian setiap hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga bulan Desember mendatang.

Sigit berharap kegiatan ini tidak hanya gebyar, tetapi pesan kepada masyarakat bisa tersampaikan, yakni tentang kepedulian terhadap kebersihan sungai. Dengan kegiatan ini diharapkan pula bisa membersihkan sungai dari sampah dan mencegah banjir. “Kalau sungai sudah dibersihkan, harapannya kebersihannya dipertahankan juga,” pungkas Sigit.

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia