Selasa, 19 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Golkar Serahkan Surat PAW Khoirul Huda

Kamis, 26 Oct 2017 09:18 | editor : Lambertus Hurek

LEGAWA: Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan (dua dari kiri) saat menerima pengurus DPD Golkar Sidoarjo yang menyerahkan surat PAW Khoirul Huda, Rabu (25/10).

LEGAWA: Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan (dua dari kiri) saat menerima pengurus DPD Golkar Sidoarjo yang menyerahkan surat PAW Khoirul Huda, Rabu (25/10). (VEGA DWI ARISTA/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Khoirul Huda, anggota DPRD Sidoarjo bakal diganti. Ini setelah DPD Partai Golkar Sidoarjo menyerahkan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) Khoirul Huda ke pimpinan DPRD Sidoarjo. Dalam surat PAW tersebut, Khoirul Huda akan digantikan Sylvester Ratu Lodo. 

Surat PAW itu diserahkan oleh Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono didampingi Sylvester Ratu Lodo bersama pengurus DPD Golkar Sidoarjo lainnya, Rabu (25/10) sekitar pukul 09.30. Surat tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan bersama Wakil Ketua DPRD Emir Firdaus. 

Warih mengatakan surat PAW tersebut dilayangkan karena Khoirul Huda mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPRD. Khoirul Huda sendiri kini ditahan di Lapas Klas IIA Sidoarjo karena kesandung masalah hukum dengan dugaan menerima aliran dana dari Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha senilai Rp 75 juta.

“Sudah tidak ada masalah. Khoirul Huda sudah legawa dengan mengundurkan diri,” kata Warih. 

Mantan anggota DPRD Sidoarjo tersebut mengaku, proses PAW dilakukan tanpa menunggu proses hukum inkrah yang saat ini menjerat Khoirul Huda. Menurut dia, Khoirul Huda sudah menandatangani surat pengunduran diri tanpa paksaan dari siapapun. “Kami sudah berkomunikasi dengan Khoirul Huda dan Sylvester. Semuanya telah sepakat demi kepentingan partai,” jelasnya. 

Ditambahkannya, dengan masuknya Sylvester sebagai anggota DPRD Sidoarjo, maka wakil dari Golkar akan lengkap. Sejak Khoirul Huda ditahan, posisi ketua Fraksi Golkar Bintang Persatuan lowong. “Terkait jabatan Sylvester nanti di komisi maupun fraksi kita komunikasikan setelah dilantik. Ini masih awal,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan, surat pengunduran diri sekaligus PAW Khoirul Huda sudah diterima oleh pimpinan DPRD dan sekretariat DPRD. Dalam waktu dekat surat tersebut akan dibahas bersama dengan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk ditindaklanjuti. “Suratnya lengkap tidak ada masalah,” katanya. 

Sullamul mengungkapkan, belum bisa memastikan kapan proses PAW dilakukan. Namun, proses PAW Khoirul Huda dipastikan akan lebih cepat dibandingkan surat pengajuan PAW yang dilayangkan ke Ali Masykuri anggota DPRD dari Nasdem. 

“Kalau PAW Ali Masykuri masih ada sengketa hukum, sedangkan Khoriul Huda sudah ada kelegawaan untuk mundur,” pungkasnya. 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia