Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Banyak Ruang Terbuka Hijau, Kota Surabaya Nyaman untuk Kongkow

Rabu, 29 Nov 2017 07:05 | editor : Abdul Rozack

WISATA TENGAH KOTA: Taman Bungkul yang dibangun Pemkot Surabaya di Jalan Raya Darmo, menjadi salah satu pilihan wisata murah warga Surabaya.

WISATA TENGAH KOTA: Taman Bungkul yang dibangun Pemkot Surabaya di Jalan Raya Darmo, menjadi salah satu pilihan wisata murah warga Surabaya. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Pengembangan tempat wisata yang nyaman bagi pengunjung menjadi salah satu target Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya. Tidak hanya memberikan wawasan dan hiburan kepada pengunjungnya, setidaknya tempat tersebut bisa dipakai untuk bersantai dan ngobrol enak bersama teman dan keluarga. 

Vega Arista-Wartawan Radar Surabaya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) Kota Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, Surabaya menjadi salah satu kota yang menjadi jujukan untuk nongkrong. Tidak hanya dari warga Surabaya tetapi juga pengunjung dari luar kota yang menjadikan Surabaya tempat alternatif berkunjung. “Tidak hanya untuk datang ke mall dan tempat belanja tetapi Surabaya juga jadi akses tempat untuk berkumpul,” katanya. 

Dia mengungkapkan, beberapa alternatif pilihan wisata untuk bersantai di Kota Pahlawan saat ini memang banyak dikunjungi. Di antaranya wisata mangrove di Wonorejo, Jembatan Surabaya di Kenjeran dan sejumlah taman kota yang jadi akses untuk bersantai dengan biaya murah. “Konsep itu yang saat ini terus kami kembangkan agar Surabaya menjadi tempat yang semakin ramah untuk bersantai,” ucapnya. 

Menurutnya, kawasan Surabaya Utara, Barat dan Timur saat ini memang banyak jadi jujukan untuk pengembangan wisata yang murah. Setidaknya tempat tersebut bisa dibuat untuk bersantai dengan teman dan keluarga. “Ke depan tempat kongkow yang enak jadi perhatian kami untuk pengembangan wisata santai dan nyaman di kantong,” jelasnya. 

Widodo mengaku, bersantai dengan kerabat tidak harus ke mall. Pilihan tempat alternatif sudah banyak bermunculan. Mulai dari café, warung kopi serta tempat mural juga banyak digandrungi para muda-mudi. Hal tersebut yang saat ini menjadi target Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya untuk membuat Surabaya semakin diminati. 

Kepala Dinas Kebersihan dan Tata Ruang Chalid Buhari menambahkan, ruang terbuka untuk bersantai di Surabaya memang menjadi target Pemkot Surabaya. Fasilitas tersebut akan menjadi magnet bagi Surabaya sehingga semakin diminati sebagai kawasan bersantai. Saat ini sejumlah ruang terbuka hijau banyak digunakan oleh warga Surabaya untuk mengisi waktu senggang. “Bersantai dan berkumpul dengan keluarga menjadi fasilitas yang saat ini dicari warga,” jelasnya. 

Tidak hanya di pusat kota, pengembangan tempat santai untuk ngopi dan berkumpul juga akan terus ditambah. Di sejumlah titik di Surabaya saat ini menjadi target untuk penambahan ruang terbuka hijau. “Kami ingin memberikan kesan bagi pengunjung bahwa Surabaya merupakan tempat yang nyaman untuk kongkow,” pungkasnya.(vga/no) 

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia