Minggu, 24 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Yohanes, Maling Spesialis di Mall Besar

Incar Barang Branded, Sukses Curi Speaker Besoknya balik Curi Headset

Sabtu, 13 Jan 2018 19:58 | editor : Abdul Rozack

BARANG BUKTI: Tersangka AGP Christofer Yohanes (baju merah) mempraktikkan mencuri speaker. Sejumlah arloji yang dicuri dan tang berbagai ukuran untuk

BARANG BUKTI: Tersangka AGP Christofer Yohanes (baju merah) mempraktikkan mencuri speaker. Sejumlah arloji yang dicuri dan tang berbagai ukuran untuk mencuri. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA-Sukses beraksi di Jakarta, AGP Christofer Yohanes,24, mencoba keberuntungannya di Surabaya. Dia melakukan aksi pencurian di sebuah toko di Mall Tunjungan Plaza 4 Lantai 3. Meski jauh dari Jakarta pemuda yang ngekos di kawasan Jalan Kedungdoro V ini hanya berhasil menggasak sebuah speaker. Apesnya, ia tertangkap polisi. 

Kasus pencurian yang dilakukan  Yohanes terjadi pada Jumat (5/1).  Saat itu, Yohanes mengunjungi mall di Jalan Basuki Rahmat tersebut. Dia menuju lantai 3 yang mana terdapat stan atau toko yang menjual barang elektronik. Layaknya pembeli, pemuda asal Gading Nias Lantai 7, Kelapa Gading Jakarta Utara ini melihat-lihat sejumlah barang. 

"Kemudian dia mengambil sebuah speaker di salah satu toko di mall tersebut. Hal itu ia lakukan setelah korban atau pejaga toko lengah," ungkap Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Lily Djafar, Jumat (12/1). 

Lily Menjelaskan modus Yohanes ialah berpura-pura menjadi pembeli, saat korban lengah ia memasukkan speaker tersebut ke dalam tas yang sudah disiapkan.  Setelah itu, ia membawa kabur speaker tersebut. Ia pun berhasil lolos.

"Karena merasa aman, tersangka kembali ke toko yang sama keesokan harinya. Kali ini tersangka bermaksud mencuri headset, namun aksisnya kali ini kepergok korban dan serahkan ke satpam sebelum akhirnya kami amankan," terangnya. 

Dari penangkapan Yohanes, polisi mengamankan barang bukti berupa headset dan speaker aktif yang belum sempat ia jual. Dari penyelidikan, ternyata selain di Surabaya, Yohanes juga melakukan aksinya di Jakarta. Dia beberapa kali mencuri jam tangan di sebuah mall di Jakarta. "Tersangka ini memang sudah menjadi salah satu spesialis pencurian di mall lintas kota," terangnya. 

Yohanes memang sudah beberapa kali melakukan aksinya di Jakarta. Sebenarnya dia datang ke Surabaya untuk mencari pekerjaan. Sebab ia sudah keluar dari tempat pekerjaan di perusahaan asuransi. Namun karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan ia pun kembali melakukan aksinya. "Saya butuh uang untuk kebutuhan, sehingga saya nekat mencuri," terangnya.(yua/no) 

(sb/yua/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia