Minggu, 24 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Persiapan Imlek Klenteng Kim Hin Kiong

Mulai Bersihkan Patung Dewa, Siapkan Tempat Untuk Jemaat

Senin, 12 Feb 2018 10:49 | editor : Aries Wahyudianto

Ibu-ibu Jamah Klenteng Kim Him Kiong membersihkan patung dengan lap setelah di mandikan menjelang Imlek.

BERSIH - BERSIH : Ibu-ibu Jamah Klenteng Kim Him Kiong membersihkan patung dengan lap setelah di mandikan menjelang Imlek. (Yudhi/Radar Gresik)

Meskipun bukan agama mayoritas di Gresik, umat Konghucu tetap antusias merayakan Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018 mendatang.

BEBERAPA persiapan mulai dilakukan. Seperti yang dilakukan pengurus Klenteng Kim Hin Kiong yang terletak di Jalan Dr Setia Budi Kelurahan Pulopancikan, Kecamatan Gresik. Mereka mulai melakukan bersih-bersih di area altar atau tempat sembayang.

Menjelang Imlek patung dewa-dewi juga mulai diganti baju. Pengantin baju ini hanya dilakukan setiap setahun sekali pada hari istimewa.  Ketua Kelenten Kim Hin Kiong Gresik Edi Prastya Tejo mengatakan, ada tujuh dewa yang dibersihkan.

Salah satunya ialah Dewa Macho atau Dewi Laut dan Dewa Kwan Kong atau Dewa Kejujuran. "Semua patung dewa dibersihkan, cara membersihkan dengan air dan bunga," ungkapnya, kemarin.

Selain membersihkan patung dewa, pengurus juga mulai mempersiapkan tempat yang cukup luas untuk menampung para jemaat Kelenteng Kim Hin Kiong. Sebab, pada perayaan Imlek kali ini  kemungkinan besar akan diikuti ribuan orang. “Di Gresik saja kemungkinan ada 500 jemaat belum lagi dari luar Gresik,” kata dia.

Selain itu, sebelum imlek berlangsung beberapa ritual juga diselenggarakan. Seperti, sembayang tutup tahun 2569, sembayang kebesaran Jai Sen Yek dan Hut YM Makco Thian Siang Sen Mu. Ritual tersebut dilakukan sejak bulan Februari hingga Mei mendatang.

Ditambahkan, pada tahun anjing tanah ini pihaknya berharap tetap waspada menjalankan apapun. Sebab simbol anjing ditengarai sebagai simbol kewaspadaan. "Lebih hati-hati, lebih cermat supaya tidak terjadi marabahaya. Sebab simbolnya merujuk pada kewaspadaan," imbuhnya. (rof)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia