Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

POSSI Pagari Atlet Selam agar Tidak Hengkang

Selasa, 13 Feb 2018 03:00 | editor : Lambertus Hurek

Katherina Eda Rahayu, atlet selam Sidoarjo  yang pindah ke Jawa Barat.

Katherina Eda Rahayu, atlet selam Sidoarjo yang pindah ke Jawa Barat. (DOK)

Cukup banyak atlet selam Sidoarjo yang pindah ke daerah lain. Padahal, atlet-atlet itu merupakan andalan Kota Delta di ajang multicabang seperti pekan olahraga provinsi (porprov). Karena itu, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sidoarjo mulai mendata atlet-atlet selam yang ada di Kabupaten Sidoarjo. 

Ketua Umum POSSI Sidoarjo Ridho Prasetyo mengatakan, pendataan atlet termasuk salah satu agenda POSSI Sidoarjo tahun ini. Dengan begitu, pihak POSSI bisa fokus melakukan persiapan menjelang pekan olahraga provinsi (porprov) tahun depan. "Kami tidak mau lagi kehilangan atlet andalan," ujar Ridho Prasetyo kemarin.

Setelah dilakukan pendataan, menurut dia, para atlet itu akan menjalani pemusatan latihan khusus. Mereka juga diikutkan di sejumlah kejuaraan yang diadakan di Jawa Timur. "Ini penting untuk regenerasi dan pembinaan atlet yang akan berlaga di porprov," ucapnya.

Dibandingkan kabupaten/kota lain, menurut Ridho, kualitas para peselam Kota Delta memang cukup menonjol. Karena itu, para pelatih atau pemandu bakat dari daerah lain selalu tergiur untuk membajak atlet Sidoarjo. Ini sudah beberapa kali terjadi. "Lah, kalau diambil lagi, ya, kehilangan atlet-atlet yang bagus," ujar Ridho.

Salah satu atlet selam yang hengkang tahun lalu adalah Bintang Anugerah Perkasa. Dia menyusul Katherina Eda  Rahayu yang membela Jawa Barat pada kejurnas selam pada Mei 2017. Hengkangnya dua peselam andalan Sidoarjo ini  sempat membuat Delta Diving Club kelimpungan. KONI  Sidoarjo pun berusaha membantu, tapi terlambat. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia