Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tahun Ini Ada 410 Paket Lelang di Sidoarjo

Selasa, 13 Feb 2018 04:35 | editor : Lambertus Hurek

Agoes Boedi Tjahjono

Agoes Boedi Tjahjono (DOK)

Lelang pekerjaan fisik Pemkab Sidoarjo tahun ini cukup banyak. Jumlahnya 410 paket lelang. Sebagian besar adalah proyek infrastruktur. Tidak ingin serapan rendah seperti tahun lalu, organisasi perangkat daerah (OPD) diminta begerak cepat dan tepat waktu. 

Di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ada 256 paket yang dikerjakan. Paling banyak dibandingkan OPD lainnya.  Sedangkan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) 48 paket. Sebagian besar sudah dilelang pada Januari lalu sebagai upaya percepatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mengatakan, lelang proyek fisik harus dipercepat agar seluruh program pembangunan berjalan. Dia tidak ingin ada proyek yang gagal lelang karena waktu pengerjaan yang mepet. "Jangan sampai Silpa (sisa lebih pembiayaan anggaran) tinggi lagi," katanya, Senin (12/2).

Agoes mengaku pihaknya sudah menyiapkan beberapa cara agar proses lelang berjalan lancar. Salah satunya adalah proses perencanaan yang dilakukan jauh-jauh hari. Ada aturan baru yang diterapkan oleh pemkab. Perencanaan harus dilakukan setahun sebelumnya. Sehingga, ketika tahun anggaran baru berjalan, proyek bisa langsung dimasukkan dalam lelang. "Tidak lagi merencanakan di awal tahun," imbuhnya. 

Aturan tersebut sudah diterapkan sejak akhir tahun 2017. Pada saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2017, Pemkab Sidoarjo juga membahas perencanaan tahun 2018. Menurut dia, pembangunan fisik memang membutuhkan ketelitian saat lelang. Sebab, nominal dana yang dilelang besar. Namun, dengan perencanaan matang, pekerjaan itu bisa dituntaskan cepat. 

Selain itu, Agoes juga meminta setiap OPD untuk memasukkan lelang sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. Setiap bulan sudah ditargetkan ada berapa pekerjaan yang harus dilelang. Untuk itu, OPD harus tepat waktu. Sebab, dalam proses lelang ada sejumlah tahapan kaji ulang. Dalam tahapan itu, dinas yang mengajukan lelang dan tim dari bagian barang jasa bertemu untuk membahas program yang diajukan. 

Agoes optimistis tahun ini lelang bakal berjalan lancar. Pemkab sudah mewanti-wanti agar setiap dinas bekerja keras. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia