Minggu, 27 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Koordinir Kelompok Ekonomi

Selasa, 13 Feb 2018 09:41 | editor : Aries Wahyudianto

Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi (Esti/Radar Gresik)

Anggota Forum Kerja Ekonomi Mandiri Pemuda Sembayat (Forkems) Muhammad Junaidi memiliki kesenangan dalam bidang ekonomi. Salah satu programnya yakni, mengajak pemuda desa membuat satu kelompok ekonomi secara mandiri dengan cara membuat pupuk organik dari tinja manusia.

“Mulanya memang susah mengajak anak muda untuk mengelola sisa pencernaan manusia yang kerap dianggap menjijikkan,” papar dia.

Sedikit demi sedikit, ia yakinkan para pemuda ditempatnya. Mulai pembuktian dengan melakukannya secara mandiri, hingga mensosialisasikan manfaat dan prosesnya yang mudah dan tak seburuk yang dibayangkan.

Ia menjelaskan, untuk mengelola limbah memang mengkordinir setiap rumah tangga dan menyalurkan pada satu titik. Proses pembuatan, pengendapan dan pengeringan juga membutuhkan waktu lama. Yaitu sampai dengan dua bulan. Setelah itu pupuk bisa diproduksi. “Selama waktu berproses ini, saya sedikit demi sedikit mengajak  mereka lebih dekat, untuk peduli lingkungan dan menyadari potensi bisnis di dalamnya,” lanjut dia.

Ia membentuk forum ekonomi kerja mandiri dengan tujuan menampung aspirasi pemuda untuk bekerja dengan ekonomi mandiri. Kini anggota yang dimiliki sudah ratusan, dan menyebar di setiap desa seluruh Kabupaten Gresik. “ Mayoritas pemuda yang bergabung, karena kita fokusnya pada pemberdayaan mereka, melihat semangat ini semakin termotivasi untuk memberdayakan mereka di bidang ekonomi,” imbuh dia. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia