Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Program Gus Ipul-Puti Dinilai Lebih Rasional

Selasa, 13 Feb 2018 14:14 | editor : Wijayanto

RASIONAL: Pasangan cagub Gus Ipul (baju putih) dan cawagub Puti Guntur (kanan).

RASIONAL: Pasangan cagub Gus Ipul (baju putih) dan cawagub Puti Guntur (kanan). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar mengaku jika visi dan misi yang diusung oleh calon gubernur dan wakil gubenur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno relevan diterima oleh masyarakat Jatim. Sejumlah program yang akan dijalankan juga sesuai dengan kekuatan APBD Jatim.
Halim mengatakan, dalam penyusunan visi dan misi Gus Ipul-Puti, juga terdapat paradigma berpikir yang sangat bagus.  Di antaranya, mempertahankan keberhasilan yang sudah diperoleh dan mencari terobosan baru untuk perbaikan yang lebih maksimal. “Demi masyarakat Jatim yang lebih sejahtera,” katanya.
Politisi yang saat ini menjadi Ketua DPRD Jatim tersebut menegaskan, program yang diusung Gus Ipul-Puti sudah bisa langsung diaplikasikan, karena anggarannya sesuai dengan kekuatan APBD Jatim yang mencapai Rp 30 triliun. “Tidak asal ucapkan program tetapi tidak sesuai dengan kekuatan,” terangnya.
Dia mencontohkan, program “Satria Madura” yang diusung Gus Ipul-Puti dialokasikan Rp 1 triliun untuk percepatan pembangunan di Madura itu sudah realistis. Nilai tersebut sudah rasionalitas dan proporsionalitas sesuai dengan kalkulasi kekuatan APBD yang dipunyai. “Program Satria Muda sudah sangat tepat bagi Madura,” jelasnya.
Menurutnya, jika program tersebiut dilakukan maka anggaran Rp 1 triliun untuk Madura per tahun akan sangat bermanfaat. Sehingga, percepatan pembangunan juga akan menyeluruh dilakukan di seluruh Jatim. “Madura juga harus berkembang dan meningkat,” ujarnya.
Seperti diketahui, pasangan Gus Ipul-Puti saat ini telah menetapkan visi yakni Perubahan Berkelanjutan untuk Jawa Timur Makmur. Perubahan tetap diperlukan karena problem di Jawa Timur masih banyak yang harus diselesaikan.
Lima program juga utama sudah diumumkan. Yakni, Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera), Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), dan Madin Plus Berkelanjutan. (vga/nug)


(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia