Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Enam Tim Ikuti Kejurprov Voli Pantai

Rabu, 14 Feb 2018 03:20 | editor : Lambertus Hurek

Pemain bola voli pantai Sidoarjo saat uji coba di GOR Sidoarjo.

Pemain bola voli pantai Sidoarjo saat uji coba di GOR Sidoarjo. (DOK)

Enam tim putra dan putri bola voli pantai Sidoarjo bakal diturunkan dalam kejuaraan provinsi (kejurprov) pada 19-25 Februari di Ngawi. Kejuaraan ini menjadi salah satu ajang seleksi untuk atlet-atlet bola voli pantai yang dipersiapan ke pekan olahraga provinsi (porprov) tahun depan di Gresik.

Pelatih Bola Voli Pantai Sidoarjo Bambang Eko Suhartawan mengatakan, tiga tim putra dan tiga tim putri sudah melakukan latihan rutin sejak Januari lalu di Sidoarjo. Mereka juga beberapa kali mengikuti uji coba dengan tim-tim yang kuat. Kejurprov merupakan ajang tahunan untuk melihat peta kekuatan bola voli pasir (nama lain voli pantai) di Jawa Timur.

Karena itu, tim-tim yang unggul di kejurprov biasanya punya potensi untuk mendulang medali di porprov. Para pemain juga bisa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan lawan-lawan dari seluruh Jatim. "Saya kira, semua tim akan menurunkan tim yang dipersiapkan ke porprov," ujar pria yang akrab disapa Wawan ini.

Selain dapat mengukur kemampuan atletnya, Bambang juga memanfaatkan kejurprov untuk melatih mental bertanding anak asuhnya. Ini penting karena tekanan dalam kejuaraan resmi seperti kejurprov berbeda dengan uji coba atau pertandingan persahabatan. "Anak-anak akan semakin percaya diri dan mengeluarkan kemampuannya terbaiknya," ujar Bambang. 

Dibandingkan kabupaten/kota lain di Jatim, tim bola voli pantai putra dan putri Sidoarjo masih relatif unggul. Ini terlihat dari dominasi Kota Delta di berbagai kejuaraan selama beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu, Wawan meminta anak asuhnya agar tidak meremehkan lawan. "Kami juga tidak boleh puas dengan hasil yang ada sebelum ini," katanya. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia