Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dishub Rencanakan Bangun Kantong Parkir

Rabu, 14 Feb 2018 03:45 | editor : Lambertus Hurek

Kondisi perparkiran di Jalan Gajah Mada Sidoarjo.

Kondisi perparkiran di Jalan Gajah Mada Sidoarjo. (DOK)

Banyak jalan protokol di Sidoarjo digunakan pula sebagai lahan parkir. Umumnya, bahu jalan yang digunakan untuk parkir. Misalnya, di Jalan Gajah Mada. Deretan toko di sepanjang jalan membuat jalan tersebut ramai. Namun di lokasi ini tidak ada lahan khusus yang disiapkan untuk parkir. 

Minimnya lahan untuk parkir menjadi salah satu alasan hal tersebut terpaksa dilakukan. Sebab sebagian besar jalan protokol memang belum dilengkapi dengan fasilitas parkir. Sebagai upaya melakukan penataan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) M. Bahrul Amig menyatakan Jalan Gajah Mada ini semestinya steril dari parkir. Alasannya, jalan tersebut merupakan jalan arteri primer. 

“Sesuai aturan, jalan itu harus bebas dari hambatan. Parkir di pinggir jalan sebenarnya tidak dibenarkan," katanya.

Meski begitu, Amig mengakui keterbatasan lahan yang membuat bahu jalan berubah fungsi. Dishub terpaksa menjadikannya sebagai tempat parkir untuk memasilitasi warga yang ingin berbelanja di deretan toko di sepanjang jalan ini.

Untuk mengembalikan fungsi bahu jalan, Amig mengatakan Dishub berencana membuat kantong parkir. Rencananya, Pemkab akan memanfaatkan aset Pemkab Sidoarjo yang ada di jalan tersebut, yakni di Sidoarjo Plaza. 

“Saat ini aset tersebut masih dikontrak sebagai tempat pertokoan. Namun tahun depan kontraknya habis. Setelah itu akan diajukan untuk dijadikan lahan parkir,” ungkapnya.

Ke depan, eks lahan Sidoarjo Plaza akan dibangun parkir bertingkat. Masyarakat yang ingin berbelanja di Jalan Gajah Mada harus memarkir kendaraannya di lokasi tersebut. Selain itu, ada juga rencana untuk menutup sungai bok legi dengan box culvert. Dengan begitu, lahan yang berada di atas sungai itu bisa dijadikan tempat parkir.

Dengan pembangunan kantung parkir itu, Amig berharap program parkir berlangganan bisa berjalan lebih optimal. Artinya, warga sudah membayar parkir berlangganan berhak mendapatkan pelayanan prima. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia