Sabtu, 26 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Khofifah-Emil Jatim 1, Gus Ipul-Puti Salam 2 Jari

Rabu, 14 Feb 2018 20:47 | editor : Abdul Rozack

NOMOR URUT: Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mendapatkan nomor urut dua, sedangkan Khofifah Indar Parawansa

NOMOR URUT: Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mendapatkan nomor urut dua, sedangkan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendapatkan nomor urut satu, dalam rapat pleno terbuka KPUD Jatim di Hotel Mercure Suraba (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Calon Gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jatim akhirnya mendapatkan nomor urut pencalonan. Nomor urut satu untuk paslon Khofifah Indar Parawansa- Emil Dardak dan nomor urut dua untuk paslon Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Vega Dwi Arista-Wartawan Radar Surabaya

Pengambilan nomor urut yang dilakukan di Hotel Mercure, Surabaya pada Selasa (13/2) tersebut juga berlangsung semarak. Masing-masing paslon mendatangkan pendukung dari sukarelawan serta partai politik (parpol) pendukung. Mereka juga telah menyiapkan yel-yel untuk mendukung paslon yang diusung.

Setelah agenda pengambilan nomor urut dimulai pukul 14.30, suasana di lantai dua tempat acara sempat sunyi. Para pendukung terlihat penasaran angka yang akan diraih masing-masing paslon yang didukung. Setelah Khofifah dan Gus Ipul mengambil nomor dan dilihatkan kepada masing-masing pendukung membuat suasana pecah.

Khofifah-Emil yang mendapatkan nomor satu langsung disambut meriah oleh pendukungnya. Mereka yang telah menyiapkan gambar paslon dengan nomor urut satu langsung diacungkan. "Khofifah-Emil untuk Jatim satu," teriak para pendukung paslon yang didukung oleh partai Demokrat, Golkar, PAN, Nasdem, Hanura dan PKPI ini.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pendukung Gus Ipul-Puti. Mereka meneriakkan lagu "Jatim Sedulur Jatim Makmur" serta melambai-lambaikan poster paslon mereka bernomor dua yang telah disiapkan. Pendukung dari parpol PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS ini juga kompak dalam meneriakkan yel-yel.

Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti juga memberikan makna yang berbeda-beda terhadap nomor urut yang didapatkan. Mereka masing-masing sangat percaya diri dengan angka yang didapatnya.

Khofifah mengatakan, dirinya bersyukur telah mendapatkan nomor urut satu. Berapa pun nomornya dirinya bersama Emil berharap bisa mendapatkan amanah memimpin Jatim. "Alhamdulillah diberikan nomor satu semoga bisa jadi nomor satu untuk membawa masyarakat Jatim lebih sejahtera," katanya.

Menurutnya, bersama dengan Emil, Khofifah ingin mewujudkan pilkada yang berkualitas. Tetap guyub dan menjadikan demokrasi lebih baik lagi. "Nomor satu untuk menjadikan Jatim lebih berkualitas," terangnya.

Emil juga mengaku bangga dengan nomor urut satu. Bupati Trenggalek ini ingin mewujudkan Jatim menjadi nomor satu di tingkat nasional dan internasional. "Nomor satu sesuai dengan harapan kami untuk menjadi Jatim satu," ujarnya.

Dia menambahkan, nomor satu juga melambangkan kebinekaan. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Lambang tersebut yang menbuat semangatnya lebih meningkat. "Bersama-sama menjadi nomor satu," jelasnya.

Sementara itu, Gus Ipul mengaku jika nomor urut dua yang didapat membuat peluangnya memimpin Jatim menjadi dua kali lipat. Tekad untuk menang menjadi dua kali lipat. "Kami sudah berdoa bersama sebelum pengambilan nomor urut dan nomor dua yang terbaik," katanya.

Dia mengungkapkan, nomor dua merupakan berkah bagi dirinya. Berapa pun nomor urut tersebut dirinya akan maksimal dalam menyapa dan menyampaikan program ke masyarakat. "Saya akan lebih banyak dengar keluhan agar nantinya apa yang saya lakukan bisa bermanfaat," ucapnya.

Puti juga mengaku puas dengan nomor urut dua. Nomor urut dua mengisyaratkan salam dua jari tanda persaudaraan dan perdamaian. "Semoga kami bisa mewujudkan Jatim lebih baik lagi," kata cucu dari mantan presiden RI Soekarno ini.

Dia berharap, pilkada ini juga melahirkan persaudaran politik yang beretika dan berkebudayaan. "Pesan Bung Karno politik juga harus berbudaya," ujar Puti yang sempat membacakan puisi Bung Karno saat sambutan.

Saat datang ke Hotel Mercure, masing-masing paslon juga diantar oleh ratusan pendukungnya. Khofifah-Emil berangkat dari posko pemenangan di Jalan Progo, sedangkan Gus Ipul-Puti berangkat naik angkot dari rumah pemenangan di Gayungsari.(*/no)

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia