Selasa, 19 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Kapal Pengangkut Gas PLTGM Bakal Ditambah

Senin, 19 Feb 2018 10:08 | editor : Aries Wahyudianto

Kapal pengangkut gas PLTGM akan melakukan bongkar muat.

Sandar : Kapal pengangkut gas PLTGM akan melakukan bongkar muat. (Dok/Radar Gresik)

Bawean l Kapal pengangkut gas sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Bawean akan ditambah. Diharapkan nanti stok gas bisa lebih banyak. “Bila ada dua kapal transporter bahan bakar gas, pasokan gas bisa untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan,” kata Plt. Manager PLN Bawean Achmad Hidayat, kemarin.     

Soal cadangan bahan bakar gas ini memang membuat pusing jajaran PLN. Masyarakat sempat protes akibat kebijakan pemadaman listrik total. Padahal kebijakan ini lantaran pasokan gas yang sudah menipis. Transporter terkendala gelombang laut yang tinggi untuk mengangkut gas.

Sebagai atisipasinya, PLN berencana menambah satu armada kapal transporter. Dengan demikian, maka akan ada dua armada kapal yang akan mengangkut kebutuhan gas untuk PLN Bawean, dengan kapasitas masing-masing untuk satu kali muat mampu menampung kebutuhan gas selama 15 hari atau dua minggu.

Sebenarnya rencana penambahan armada transporter untuk kelancaran pasokan gas ke Bawean sudah sejak lama digagas. Hanya saja, kapal yang dijadikan pengangkut gas merupakan kapal modifikasi sehingga proses perubahan surat-surat kapal butuh waktu lama. “Jadi kami sudah dihubungi oleh pihak transpoternya, sebentar lagi akan ditambah satu armada kapal besar untuk memasok gas ke Pulau Bawean,” terang Achmad Hidayat.

Hidayat menambahkan, saat ini ketersediaan daya yang ada untuk menerangi seluruh pelanggan PLN di Pulau Bawean masih cukup aman, karena pada beban puncak masih memiliki cadangan daya sekitar 500 kw. Total daya yang ada bila digabung antara PLTMG dengan PLD sekitar 5.2 mega watt. Sementara beban puncak masih di kisaran 4.6 sampai 4.7 mega watt jadi masih ada spare sekitar 500 kw.(bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia