Jumat, 22 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
Pelatihan Jurnalistik di MAN Surabaya

Membangkitkan Semangat Menulis dan Membuat Majalah Sekolah

Rabu, 28 Feb 2018 18:11 | editor : Wijayanto

DASAR JURNALISTIK: 100 siswa MAN Surabaya dari kelas X dan XI yang mengikuti diklat jurnalistik mendapatkan materi tentang teknik perencanaan liputan hingga menulis dan menerbitkan berita.

DASAR JURNALISTIK: 100 siswa MAN Surabaya dari kelas X dan XI yang mengikuti diklat jurnalistik mendapatkan materi tentang teknik perencanaan liputan hingga menulis dan menerbitkan berita. (AGUNG/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Membangkitkan tradisi literasi di kalangan anak muda, khususnya di lingkungan siswa sekolah menengah membutuhkan energi tersendiri. Era digital yang mempermudah kehidupan manusia termasuk dalam memeroleh berita tak serta merta membuat mereka hobi berselancar di dunia maya untuk menambah pengetahuan dan wawasan dengan banyak membaca. Pun menulis yang menjadi turunan dari hobi membaca tersebut.
Untuk membangkitkan semangat para siswa menulis lewat hobi membaca, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Surabaya menggandeng Radar Surabaya untuk menggelar pelatihan jurnalistik. Pelatihan sehari itu digelar di aula sekolah negeri di bawah Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur tersebut, Rabu (28/2).

SEMANGAT: Para guru dan Wakasek MAN Surabaya, Ali Mustofa (empat dari kanan), berfoto bersama sebelum acara pelatihan.

SEMANGAT: Para guru dan Wakasek MAN Surabaya, Ali Mustofa (empat dari kanan), berfoto bersama sebelum acara pelatihan. (AGUNG/RADAR SURABAYA)

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) MAN Surabaya Ali Mustofa mendampingi Kasek Fathurrohman mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini penting bagi para siswa untuk memotivasi mereka agar gemar membaca dan menulis.
“Di era digital sekarang, tantangan pendidik salah satunya adalah membuat para siswa hobi menulis dan membaca. Kebetulan, kami sedang menyiapkan majalah sekolah untuk terbit berkala,” katanya.

FUN: Para siswa MAN yang meminati bidang jurnalistik diajarkan tentang penulisan berita yang mengutamakan akurasi dari sisi aktualitas dan faktualitas.

FUN: Para siswa MAN yang meminati bidang jurnalistik diajarkan tentang penulisan berita yang mengutamakan akurasi dari sisi aktualitas dan faktualitas. (AGUNG/RADAR SURABAYA)

Dalam pelatihan tersebut, para siswa yang dibimbing pemateri Wijayanto dari Radar Surabaya tidak hanya melulu belajar ilmu jurnalistik seperti merencanakan liputan, wawancara, hingga menulis dan menerbitkan berita. Mereka juga belajar bagaimana teknik menulis hingga membuat angle berita yang menarik.
“Terimakasih atas kesediaan Radar Surabaya memberikan materi pelatihan jurnalistik di sekolah kami. Berikutnya, kami ingin kembali mengajak Radar Surabaya untuk membimbing para siswa kami membuat majalah sekolah,” kata Wiji Lailatul, pembimbing jurnalistik sekaligus guru bahasa di MAN Surabaya. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia