Sabtu, 23 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Rustic Makin Diminati, Perajin Perbanyak Produksi

Selasa, 13 Mar 2018 09:02 | editor : Aries Wahyudianto

Iin saat melakukan finishing pada berbagai produk kerajinannya yang bertema rustic di galeri yang bertempat di Giri.

BERAGAM: Iin saat melakukan finishing pada berbagai produk kerajinannya yang bertema rustic di galeri yang bertempat di Giri. (Esti/Radar Gresik)

Kerajinan bertema rustic kini makin banyak diminati masyarakat. Hal ini dirasakan betul para perajin handycraft. Buktinya, orderan mereka mengalami peningkatan hingga 80 persen dari waktu sebelumnya.

"Terasa sekali sejak awal Tahun 2018, pesanan kerajinan bertema rustic sangat banyak dibanding model lainnya," papar Iin Muthmainah, salah satu perajin sekaligus pemilik Vruktosart Gallery ini. 

Perempuan yang berproduksi di kawasan Giri ini mengaku, karyanya tak hanya dipesan oleh masyarakat Gresik, ada yang dari Surabaya, Bandung hingga Jakarta. Terlebih, saat ini banyak remaja yang suka membuat spot foto mini untuk mempercantik tamlilan foto di media sosialnya.

"Tak harus baru, bila memiliki banyak waktu untuk pengolahan bisa menggunakan berbagai limbah dan berbagai hal di sekitar kita, seperti palet limbah pabrik, wadah telur dan buah, juga bisa dedaunan dan bunga di sekitar, namun untuk penggunaan jangka pendek dan kreatif dalam pembuatannya," papar dia. 

Bila fokus dalam pengerjaan, dirinya bisa membuat beragam produk dengan gaya rustic. Antara 5 hingga 12 jam. "Peningkatan pesanan ini tentunya membuat saya harus meluangkan lebih banyak waktu untuk produksi, termasuk asisstent untuk merangkainya," terangnya.

Di tempat lain, perajin yang juga memproduksi rustic box Novia Wulan juga merasakan hal yang sama. Peningkatan pesanan tahun ini cukup tinggi. Hampir 50 persen, karena sebagian besar pelanggannya memilih tema ini. Khususnya untuk konsumennya yang menyasar segmen anak muda. "Jadi semuanya bisa diproduksi sesuai kreatifitas, karena permintaan yang semakin banyak," lanjutnya.

Salah satu yang menyukai pernak-pernik bergaya rustic ini adalah Pashabella Suyanto, 18. Perempuan muda ini baru menghias berbagai sudut rumahnya dengan pernak-pernik gaya rustic. Diantaranya, tirai, vas bunga, jam dinding, meja hingga kotak-kotak dari kayu yang ia gunakan untuk tempat buku. "Baru terinspirasi dan melakukan dekornya beberapa bulan ini, jadi memang lg] hunting pernak-pernik ala rustic," imbuh perempuan asal GKB ini. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia