Kamis, 21 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Garap Proyek Rp 1 Triliun, Pelindo III Gandeng Tiga Perusahaan

Selasa, 13 Mar 2018 14:17 | editor : Wijayanto

Garap Proyek Rp 1 Triliun, Pelindo III Gandeng Tiga Perusahaan

JAKARTA - PT Pelindo III (Persero) menggandeng tiga perusahaan swasta untuk membangun infrastruktur logistik. Pembangunan infrastruktur di daerah dipandang penting untuk meningkatkan ekinomi.
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggandeng tiga perusahaan swasta untuk membangun infrastruktur logistik di daerah dengan menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC). Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT Adaro Energi.
Menurut CEO Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, nilai investasi dari kerja sama tersebut sebesar Rp 1 triliun. "Kalau untuk (MoC) ini total kita siapkan sekitar Rp 1 triliun. Kita dari capital market, dan uang internal, 70 persen dari capital market, dan 30 persen uang internal," terang Askhara di Jakarta, Senin (12/2).
Direktur Utama PT Pelindo III Ari Askara menjelaskan, kerjasama dengan PT Muria Sumba Manis terkait penyediaan fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa terkait untuk pembangunan perkebunantebu dan pabrik gula di Pelabuhan Kawasan Waingapu, Sumba Timur NTT.
Perkebunan tebu dan pabrik gula yang akan dioperasikan PT Muria Sumba Manis membutuhkan fasilitas pelabuhan,  penunjang pelabuhan dan peralatan bongkar muat yang memadai. Investasi yang akan dibenamkan untuk pembangunan pelabuhan dan penunjangnya sekitar Rp 200 miliar.
Sementara itu, kerjasama PT Pelindo III dengan PT Sriboga Flour Mill adalah untuk pengelolaan fasilitas pelabuhan untuk terminal curahkering food grain di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelindo III akan mengoptimalkan pengunaan aset pelabuhan, sementara Sriboga akanmendapatkan hak pengelolaan dua bidang tanah seluas 40.000 meterpersegi untuk membangun fasilitas pelabuhan berupa terminal curah kering food untuk mendukung kebutuhan industri dan masyarakat pada jangka panjang.
Askara menjelaskan, konsep kerjasamayang digunakan adalah BOT untuk 16 unit silo, suction dan dermaga yang 30 persen permodalan dari Pelindo III dan 70 persen dari PT Sriboga Flour Mill. “Dengan konsep BOT ini membuat negara lebih menghemat dalam berinvestasi,” kata mantan Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia (Persero).
Sedangkan bersama PT Indonesia Bulk Terminal, Pelindo III membentuk perusahaan patungan, untuk mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih di Kalimantan Selatan. Nantinya pelabuhan ini menjadi pelabuhan umum yang dapat melayani kebutuhan industri dan masyarakat.
Presdir PT Adaro Energy Tbk Garibali Thohir mengatakan kerjasama ini merupakan wujud sinergi antara swasta dan BUMN untuk mendukung kemajuan ekonomi Indonesia melalui pengembangan infrastruktur yang dicanangkan oleh pemerintah dengan memanfaatkan potensi dan keunggulan yang dimiliki masing-masing pihak. (pur/hen)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia