Sabtu, 23 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

XL Axiata Bangun Jaringan Telekomunikasi di NTB

Selasa, 13 Mar 2018 14:18 | editor : Wijayanto

BANGUN BTS: Salah satu BTS USO yang dibangun PT XL Axiata Tbk di Sumbawa Besar.

BANGUN BTS: Salah satu BTS USO yang dibangun PT XL Axiata Tbk di Sumbawa Besar. (ISTIMEWA)

SURABAYA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur jaringan melalui program USO berdasarkan penunjukkan dari Balai Penyedia dan Pengelola PembiayaanTelekomunikasi dan Informatika (BPPPTI) Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, penunjukkan lokasi-lokasi yang ditentukan sesuai dengan rencana perusahaan dalam membangun dan memperluas cakupan jaringan di masa mendatang, sehingga dapat melayani masyarakat secara lebih luas termasuk di daerah-daerah baru yang relatif terpencil.
“Saat ini di wilayah NTB, XL Axiata memiliki lebih dari 2,7 juta pelanggan yang didukung lebih dari 1.700 BTS, dimana sekitar 20 persen merupakan BTS 4G. Secara nasional, hingga akhir2017 lalu, jaringan XL Axiata di seluruh Indonesia telah didukung lebih dari 100 ribu BTS. Sekitar 65 persen merupakan BTS 3G dan 4G untuk mendukung layanan data, dan 35 persen lagi merupakan BTS 2G,” jelasnya, Senin, (12/3).
Yessie menambahkan, pembangunan infrastruktur BTS 3G dan 4G terus akan dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia. Layanan Data XL Axiata telah menjangkau sekitar 93 persen dari total populasi penduduk Indonesia, sedangkan layanan 2G telah mampu menjangkau lebih dari 93 persen populasi.
“Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat enam  lokasi BTS program USO dari XL Axiata ini, masing-masing di Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Bima,” terangnya.
Yessie mengaku, XL Axiata merasa bangga dapat secara aktif mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk  pembangunan jaringan melaluiprogram USO di daerah-daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar.
“Juga menjadi kebanggaan bagi kami bisa terus membangun dan ikut memajukan wilayah NTB dan Sumbawa pada khususnya dengan menempatkan BTS USO di lima titik. Kami berharap, masyarakat di sekitar BTS-BTS USO yang baru ini bisa memanfaatkan sarana telekomunikasi secara bijak dan maksimal,” ujar dia. (cin/hen)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia