Jumat, 22 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Rekondisi Jalan, Dewan Usulkan Ada Deposit

Selasa, 13 Mar 2018 19:25 | editor : Lambertus Hurek

Jalan berlubang di kawasan Wadungasri.

Jalan berlubang di kawasan Wadungasri. (DOK)

Rusaknya jalan kabupaten akibat banyak dilewati kendaraan berat untuk membangun perumahan dan kawasan industri diantisipasi Pemkab Sidoarjo. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan rekondisi jalan wajib dilakukan pengembang. Apalagi jika proyek yang dikerjakan merusak infrastruktur jalan.
Seperti di Jalan Lingkar Timur contohnya. Beberapa waktu lalu, pihaknya menemukan kerusakan jalan yang disebabkan aktivitas pembangunan kawasan industri dan perumahan. Dia melanjutkan, di Jalan Lingkar Timur ada sembilan pengembang yang mengantongi rekomendasi pembangunan. Hanya saja proses pembangunannya tidak berjalan bersamaan. Sehingga jalan rusak tetap ada.
"Setelah diperbaiki dilewati lagi oleh pengembang lainnya," katanya.
Kerusakan jalan tersebut banyak diresahkan warga. Pemkab pun akhirnya memanggil sembilan pengembang tersebut dan meminta jalan segera diperbaiki. Namun ada juga pengembang yang tidak mematuhi aturan tersebut. Jam kerja membangun disiasati, misalnya, tidak dilakukan di siang hari melainkan di malam hari untuk menghindari pengawasan.
Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan ada beberapa solusi yang bisa diterapkan untuk menanggulangi kerusakan jalan. Pertama, Dinas Perhubungan harus lebih tegas dalam melakukan pengawasan. “Jika ada yang melanggar tonase jalan harus ditindak, terutama di ruas jalan yang sering dilewati kendaraan berat,” tegasnya.
Selain itu, pihak pengembang mestinya dibebani biaya perawatan jalan yang akan dilewati. Sebelum pembangunan dimulai dilakukan MoU dulu. Bahkan bila perlu ada deposit yang dititipkan ke pemkab sebagai jaminan. "Sehingga bisa dipakai sewaktu-waktu ketika jalan rusak tetapi tidaki diperbaiki oleh pengembang," pungkasnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia