Senin, 18 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo
Belum Kepikiran untuk Menjual Hasil Karyanya

M Zaini, Membuat Mainan Anak dari Bambu dan Kayu Bekas

Rabu, 14 Mar 2018 02:50 | editor : Lambertus Hurek

Zaini dan sepeda kayu buatannya.

Zaini dan sepeda kayu buatannya. (IST)

Ada banyak cara memanfaatkan barang bekas mejadi barang yang bernilai seni tinggi. Seperti yang dilakukan M Zaini, warga Dusun Sono, Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran ini. Ia mampu membuat sepeda yang berasal dari bambu bekas.

MUS PURMADANI
Wartawan Radar Sidoarjo

TIDAK ada hal yang muncul tiba-tiba. Sebaliknya, semua dimulai dari proses. Demikian juga dengan apa yang kini dikerjakan M Zaini. Sebelumnya ia memang sering dengan benda-benda unik. Dari situlah muncul ide untuk membuat hasil karya yang khas dari kesukaannya itu.
“Awalnya ada bambu-bambu bekas berserakan, daripada tidak terpakai akhirnya saya buat sepeda,” jelasnya. Di luar dugaan, banyak orang yang suka dengan garapannya ini.
Zaini mengatakan sebelum disulap menjadi sepeda, bambu bekas yang sudah ia kumpulkan ini dipotong-potong, kemudian dibentuk sesuai keinginan dengan menggunakan gerenda. Setelah terbentuk selanjutnya dihaluskan dengan amplas, barulah kemudian dirancang sesuai dengan desain yang diinginkan.
Ia mengaku tidak hanya membuat sepeda dari bambu. Bahkan ia pernah membuat mainan anak seperti mobil-mobilan maupun motor gede yang menggunakan terbuat dari kayu. “Sejauh ini belum ada yang saya jual. Saya melakukan ini karena saya suka koleksi barang-barang yang nyeleneh,” ujarnya.
Menurut Zaini, ia mengaku kesulitan saat mencari bahan bonggol bambu. Namun hal itu tidak membuatnya menyerah. Apalagi, selama proses pembuatan, ia menyatakan tidak pernah dikejar-kejar target kapan harus selesai.
“Butuh waktu dan tenaga ekstra, tapi syukurlah akhirnya semua bisa diselesaikan,” ungkapnya.  (*/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia