Rabu, 20 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Order Fiktif Taksi Online, Modal HP & 3 Mobil, Perbulan Dapat 30 Juta

Rabu, 14 Mar 2018 14:25 | editor : Abdul Rozack

TERBONGKAR: Petugas menunjukkan barang bukti dan tersangka kasus order fiktif taksi online, ratusan handphone, puluhan kartu atm, dan tiga buah mobil

TERBONGKAR: Petugas menunjukkan barang bukti dan tersangka kasus order fiktif taksi online, ratusan handphone, puluhan kartu atm, dan tiga buah mobil dalam kasus dugaan tindak pidana informasi dan teknologi informasi elektronik (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA  - Aksi komplotan yang memanfaatkan order fiktif agar mendapatkan bonus dari aplilasi taksi online ternyata berjalan cukup lama. Dari pengakuan salah satu pelaku, mereka sudah beraksi sejak Oktober 2017 lalu. 

"Sudah sejak Oktober lalu. Perbulan per orang mendapatkan Rp 30 juta," kata Daniel, salah satu tersangka yang juga diamini tersangka lain. 

Daniel mengaku bersama komplotannya dia hanya bermodal HP dan tiga unit mobil pribadi untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Mereka tergiur melakukan tindakan itu karena pihak perusahaan menjanjikan insentif dan bonus besar jika mencapai atau melebihi target. 

"Hanya order fiktif tidak sampai melayani yang sampai tujuan," jelas Daniel. 

Daniel mengaku dia mengajak teman-temannya dengan menjanjikan bonus berlipat-lipat tersebut. Selama ini rekannya mau atas ajakan tersebut karena tidak punya pekerjaan lain selain sebagai sopir taxi online Grab. 

Kepada polisi mereka mengaku hanya melayani order jarak pendek dan kurang dari 500 meter.  Sedangkan dari kasus ini, polisi mengamankan barang bukti yang berupa 120 handphone, tiga unit mobil, dan 15 buku ATM. 

Para tersangka kini disangkakan pasal 35 juncto pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 1 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik juncto pasal 55 KUHP dan pasal 378 KUHP juncto pasal 55 KUHP. Dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun kurungan penjara.(rus/rud)

(sb/rus/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia