Senin, 18 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Asah Kemampuan Lewat Cerdas Cermat

Rabu, 14 Mar 2018 13:12 | editor : Aries Wahyudianto

Para siswa mengikuti lomba cerdas cermat tingkat SD-MI se Pulau Bawean  di MTs. Hasan Jufri, pekan lalu.

Antusias : Para siswa mengikuti lomba cerdas cermat tingkat SD-MI se Pulau Bawean di MTs. Hasan Jufri, pekan lalu. (Basith/Radar Gresik)

BAWEAN-Suasana Aula Madrasah Tsanawiyah (MTs) Hasan Jufri tampak terasa serius dan menegangkan.  Maklum, para siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) sedang mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SD-MI se Pulau Bawean, pekan lalu.

Muqri Kepala MTs Hasan Jufri mengatakan lomba diikuti oleh siswa kelas 5 dan kelas 6 SD-MI dari kecamatan Tambak dan kecamatan Sangkapura. Lomba cerdas cermat yang merupakan agenda tahunan itu digelar dengan tujuan mengasah kemampuan siswa tingkat dasar di kepulauan itu. “Kemampuan siswa itu diasah dengan semakin banyak perlombaan maka ingatan mereka makin tajam. Sehingga, ujian tingkat lanjutan akan mudah diingat,” kata Hasan.

Para peserta tampak antusias mengikuti perlombaan. Mereka dengan seksama mendengarkan pertanyaan dewan juri dan menjawab dengan waktu sangat cepat. Beberapa pertanyaan yang membuat seru yakni ketika pertanyaan seputar ilmu sosial serta keagaamaan. Layaknya kuis yang bertabur hadiah mereka terlihat sangat senang dengan kegiatan kegiatan itu.

Hasan menambahkan, pemanang mendapatkan hadiah mulai dari Rp 1,5 juta hingga tropi dan lainnya. Acara makin meraih karena terdapat pameran hasil karya siswa MTs Hasan Jufri dari barang bekas sebagai manifestasi nilai-nilai sekolah adiwiyata.  “MTs. Hasan Jufri berstatus sekolah adiwiyata tingkat kabupaten dan akan menerima visitasi dari tim adiwiyata propinsi,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswa Najma Ayunda mengatakan senang dengan lomba cerdas cermat itu. “Iya senang. Sekalian belajar persiapan untuk US (Ujian Sekolah,Red),” kata Najma. (bst/han)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia