Sabtu, 26 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
Festival Rujak Uleg 2018

Dimeriahkan Aneka Aksi dan Kostum Heboh Peserta

Selasa, 08 May 2018 15:52 | editor : Wijayanto

POKOK’E JOGED: Salah satu peserta Festival Rujak Uleg 2017 berjoget dengan kostum unik ala puteri keraton di depan meja yang sudah dihias sebelum nguleg rujak ramai-ramai.

POKOK’E JOGED: Salah satu peserta Festival Rujak Uleg 2017 berjoget dengan kostum unik ala puteri keraton di depan meja yang sudah dihias sebelum nguleg rujak ramai-ramai. (dok/radar surabaya)

SELAIN kehebohan gaya dan cara menguleg rujak para yang menarik perhatian, kostum peserta Festival Rujak Uleg pun juga tak kalah ramai dan menjadi daya tarik. Begitu pula dalam Festival Rujak Uleg 2018 yang akan digelar 13 Mei nanti di Jalan Kembang Jepun, ribuan peserta akan memberikan hiburan bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk menyaksikan mereka menguleg rujak sekaligus kostum heboh mereka.

Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro menuturkan, acara tahunan ini tiap tahunnya memang selalu menyedot ribuan peserta dan penonton. Baik masyarakat Surabaya sendiri, hingga luar kota, bahkan juga wisatawan mancanegara.

“Uniknya di sini, selain nguleg rujak sekaligus melestarikan makanan tradisional, kostum unik beragam tema yang dikenakan peserta juga jadi magnet bagi penonton,” tuturnya, Senin (7/5).

Tidak hanya rasa dan presentasi terkait rujak yang dibuat peserta, keunikan kostum dari masing-masing tim juga menjadi salah satu kriteria penilaian lomba dalam Festival Rujak Uleg 2018. Acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan bekerja sama dengan Harian Radar Surabaya tersebut menjadi salah satu rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-725.

Lilik menambahkan, seluruh peserta yang ikut dalam festival ini memang diwajibkan mengenakan kostum dan dilengkapi dengan makeup yang unik. Keunikan kostum ini menjadi salah satu penilaian dalam lomba ini selain rasa, presentasi, kelengkapan bahan, kebersihan meja, dan penampilan peserta saat menguleg rujak.

“Jadi gak hanya sekedar ngulek, namun ada juga penampilan kostum yang atraktif. Selama lomba juga akan diputar musik yang energik, jadi akan menambah kehebohan peserta Festival Rujak Uleg 2018,” ujarnya.

Dalam acara yang diadakan satu tahun sekali tersebut, akan dihadiri berbagai kalangan, mulai dari peserta masyarakat umum, pengusaha restoran, hotel, organisasi perangkat daerah (OPD), dan dihadiri oleh beberapa mahasiswa asing yang sedang studi di Surabaya, juga komunitas masyarakat yang ada di Surabaya.

Pada Festival Rujak Uleg 2018 ini ada 256 tim dengan masing-masing beranggotakan lima orang yang telah mendaftar. Acara akan dimulai pukul 14.00 WIB. Kegitan ini juga didukung oleh berbagai perusahaan ternama di Surabaya, di antaranya distributor motor Honda Mitra Pinasthika Mulia (MPM), PT. Pertamina (persero), PT. Mayora Indah Tbk  (Teh Pucuk Harum, Le Minerale), PT Ciputra Development Tbk, Bank Jatim, Perusahaan Gas Negara (PGN), PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Alfamart, BPJS Ketenagakerjaan, Es Krim Aice, dan Entrasol. (is/nur)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia