Selasa, 19 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Awal Puasa 17 Mei

Hilal Tidak Terlihat di Bukit Condrodipo

Rabu, 16 May 2018 15:37 | editor : Aries Wahyudianto

Tim Lajnah Falakiyah PCNU Gresik tidak berhasil melihat hilal di pusat rukyatul hilal Bukit Condrodipo, Kebomas. Selasa sore.

Tim Lajnah Falakiyah PCNU Gresik tidak berhasil melihat hilal di pusat rukyatul hilal Bukit Condrodipo, Kebomas. Selasa sore. (ROFIK/RADAR GRESIK)

Tim pengamat rukyatul hilal gagal melihat hilal (bulan muda) di pusat pengamatan Bukit Condrodipo, Kecamatan Kebomas, Selasa sore. Hasilnya petugas rukyatul hilal dari Lembaga Falakiyah (LF) NU Kabupaten Gresik memastikan hilal Sehingga, awal Ramadan bakal dimulai hari Kamis (17/5) mendatang.

Ketua Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Gresik Chisni Umar mengatakan dari hasil rukyat yang dilakukan LFNU Gresik, LFNU Mojokerto, ITS, UIN Malang serta lembaga dan ormas lain hilal tidak bisa terlihat. "Kami sampaikan kepada Kemenag Kabupaten Gresik jika hilal tidak bisa terlihat," ujarnya.

Sementara itu, jika dihitung dengan hisab tinggi hilal -1 derajat 11 menit 29 detik pada pukul 17.21. Jadi dengan perhitungan ini maka hilal dipastikan tidak terlihat. Kemudian, setelah hilal dipastikan tidak terlihat, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik memohon sidang penetapan dari Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Gresik.

"Kami memohon agar Pengadilan Agama Kabupaten Gresik menyidangkan hasil rukyatul hilal dan menerima permohonan pemohon. Membebankan sidang ini kepada Kementerian Agama Kabupaten Gresik," ujar Kepala Kantor Kemenag Gresik Supandi, kemarin.

Sementara itu, sidang penetapan hasil rukyatul hilal digelar langsung di atas Bukit Condrodipo yang dipimpin hakim tunggal, drs Ach Shofwan MS.  "Menimbang bahwa berdasarkan keterangan pemohon dan keterangan saksi yang telah disumpah, hilal tidak terlihat di Bukit Condrodipo," kata Ach Shofwan.

Dengan demikian, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Gresik menetapkan bahwa hilal tidak terlihat di Bukit Condrodipo Kabupaten Gresik.  Dari hasil sidang penetapan hilal di Bukit Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik ini akan disampaikan kepada Kementerian Agama untuk dijadikan salah satu patokan pengambilan ketetapan awal bulan suci Ramadan 1439 H. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia