Sabtu, 26 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

STTS Surabaya, Unjuk Kemampuan Mendongeng Berbahasa Inggris

Kamis, 17 May 2018 15:26 | editor : Abdul Rozack

BERAKSI: Salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) unjuk kemampuan mendongeng berbahasa Inggris di kampus STTS, Rabu (16/5).

BERAKSI: Salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) unjuk kemampuan mendongeng berbahasa Inggris di kampus STTS, Rabu (16/5). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) memberikan kesempatan mahasiswanya untuk menunjukkan kemampuan berbahasa asing dengan menggelar lomba mendongeng berbahasa Inggris. 

Storrytelling (bercerita) bertujuan untuk melatih kemampuan berkomunikasi mahasiswa dengan bahasa Inggris.

"Kemampuan bahasa lebih dibutuhkan sebagai manusia sosial. Jadi,  tidak hanya perlu digital saja tetapi juga dituntut kemampuan bersosialnya," ujar Humas STTS Mas Rara Dwi Yanti Handayani, Rabu (16/5).  

Menurut dia, lomba yang diikuti oleh 32 mahasiswa STTS ini diberikan kesempatan mendongeng yang materinya berasal dari comic strips tentang Calvin and Hobbs. “Komik ini dipilih karena lucu dan daya imajinasinya tinggi, dan semua cerita yang ada adalah imajinasi dari sang tokoh Calvin,” kata dia. 

Yanti menjelaskan, dalam perlombaan mendongeng ini mahasiswa dituntut untuk menceritakan secara rinci, mulai dari pembahasan konten-konten cerita, kemampuan dramatisasinya, kelancaran berbicara, dan yang terakhir ekspresi saat menceritakan.

Setiap peserta menceritakan comic strips yang berbeda-beda, dan beberapa mahasiswa menyiapkan dengan cara yang berbeda pula dengan gaya bahasa yang lebih luas. "Orang bercerita itukan harus menyesuaikan jalan ceritanya. Maka dari itu mereka kami beri strip yang berbeda," ujar Jenny Ngo, juri sekaligus Dosen Bahasa Inggris STTS. 

Jenny mengtatakan, seiring berkembangnya zaman globalisasi seperti saat ini, sudah saatnya untuk memberikan pembekalan storytelling dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu juga berguna untuk mengahadapi dunia kerja yang kian hari semakin ketat. (gin/hen)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia