Sabtu, 26 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

SMANOR Jatim Hanya Terima 73 Atlet

Kamis, 17 May 2018 20:12 | editor : Lambertus Hurek

Ratusan atlet pelajar usai seleksi fisik di SMANOR Jatim.

Ratusan atlet pelajar usai seleksi fisik di SMANOR Jatim. (IST)

Ratusan atlet pelajar dari seluruh Jawa Timur bersaing ketat untuk diterima di SMAN Olahraga Jatim di Sidoarjo. Selain potensi akademik, para pelajar ini harus mengikuti seleksi fisik dan keolahragaan layaknya atlet profesional.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman mengatakan, tahun ini SMANOR hanya menerima 73 siswa baru. Ini karena kapasitas sekolah berasrama di kawasan Pagerwojo, Buduran, itu sangat terbatas. "Makanya, PPDB di SMANOR Jatim ini sangat ketat. Siswa baru harus benar-benar punya potensi untuk menjadi atlet berprestasi," tegasnya kemarin.

Sebanyak 73 siswa baru itu terbagi dalam 15 cabang olahraga. Atletik 12 orang, karate, voli pantai, dan silat masing-masing tujuh siswa. Gulat dan sepak takraw cukup banyak, yakni sembilan siswa. 

Adapun cabor-cabor lain hanya satu, dua, sampai empat siswa. Yakni cabor panjat tebing, judo, selam, renang, taekwondo, tenis meja, anggar, sepatu roda, tenis lapangan, dan tenis meja.

Sebagai lembaga pendidikan khusus yang dibiayai oleh Pemprov Jatim, menurut Saiful, perkembangan para atlet pelajar ini terus dipantau. Mereka harus bisa menunjukkan prestasi baik di tingkat regional hingga nasional. Sebab, para pelajar SMANOR ini memang digembleng untuk menjadi calon-calon bintang yang bakal mengharumkan nama Jatim baik di tingkat nasional maupun internasional. "Kalau tidak punya prestasi ya sebaiknya masuk sekolah umum saja," ujar Saiful. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia