Minggu, 27 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Puasa, Atlet Voli Pantai Tetap Berlatih

Kamis, 17 May 2018 20:21 | editor : Lambertus Hurek

Para pemain bola voli pantai berlatih di GOR Sidoarjo.

Para pemain bola voli pantai berlatih di GOR Sidoarjo. (DOK)

Selama bulan puasa hampir tidak ada kejuaraan daerah maupun nasional. Namun, para atlet tidak boleh berhenti melakukan latihan dan menjaga kebugaran fisik. Atlet-atlet bola voli pantai Sidoarjo bahkan tetap melangsungkan latihan rutin di GOR Sidoarjo.

Tentu saja, jadwal latihan disesuaikan dengan suasana bulan Ramadan. Latihan baru digenjot menjelang waktu berbuka puasa. "Jamnya saja yang kami ubah mulai pukul 16.30," ujar Bambang Eko Suhartawan, pelatih bola voli pasir Sidoarjo, Kamis (17/5/2018).

Selama satu jam para atlet yang didominasi remaja di bawah 20 tahun itu digenjot latihan fisik dan teknik. Rutinitas latihan tersebut tidak berbeda jauh dengan hari-hari biasa. Sehingga mereka siap ketika mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan setelah Idul Fitri mendatang.

"Porsi latihannya yang berbeda dengan hari-hari biasa. Kami tidak mungkin memforsir anak-anak yang sedang berpuasa," ucapnya.

Menurut Bambang, ada beberapa pemain bola voli pantai (nama lain voli pasir) Kabupaten Sidoarjo yang bakal berlaga dalam Youth Olympic Games di Thailand. Mereka mendapat perhatian khusus baik fisik, teknik, maupun strategi. Porsi latihan mereka pun lebih banyak. Ini dimaksudkan agar kondisi kebugaran mereka tetap terjaga hingga jelang kejuaraan internasional tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para atlet yang sedang menunaikan ibadah puasa cenderung diliputi rasa malas karena lapar. Namun, sebagai atlet profesional, mereka tidak boleh terlalu dimanja. "Jangan karena puasa lantas tidak mau latihan. Anak-anak sudah paham karena mereka memang tahu risikonya jadi atlet," kata Bambang. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia