Sabtu, 26 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

Percepat Penyerahan Fasum ke Pemkab Sidoarjo

Kamis, 17 May 2018 20:26 | editor : Lambertus Hurek

Salah satu perumahan di tengah Kota Sidoarjo.

Salah satu perumahan di tengah Kota Sidoarjo. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Penyerahan fasilitas umum (fasum) dari perumahan ke Pemkab Sidoarjo dipercepat. Sosialisasi akan digelar sebagai langkah pertama. Pemkab juga menggandeng Real Estate Indonesia (REI) dan Badan Pertanahan Negara (BPN) Sidoarjo. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan menjelaskan, sosialisasi penyerahan fasum sudah dilakukan setiap tahun. Pemkab mengumpulkan pengembang dan mereka diberikan paparan mengenai aturan penyerahan fasum.

Menurut dia, dalam pertamuan itu ada sejumlah pengembang yang belum menyadari bahwa fasum harus segera diserahkan ke pemkab. Jangka waktunya minimal setelah satu tahun perumahan itu berdiri. "Penyerahan fasum sudah merupakan kewajiban pengembang," kata Sigit, Kamis (17/5).

Ternyata pengembang banyak yang belum siap menyerahkan fasum. Lahan yang dibangun ternyata tidak dirawat. Tidak sedikit warga yang mengadu ke pemkab. Mereka meminta pemkab untuk segera mengambil alih fasum karena tidak terawat.

Upaya kedua adalah dengan menggandeng REI Sidoarjo. Asosiasi pengembang perumahan tersebut membantu pemkab dalam mengkomunikasikan ke pengembang. Harapannya setiap perumahan segera menyerahkan fasumnya.

Selain itu, menurut Sigit, pemkab bekerja sama dengan kantor pertanahan Sidoarjo. Cara itu ditujukan untuk pengembang baru yang mengajukan pembangunan perumahan. Sigit mengatakan, setelah perumahan di bangun, saat sertifikasi lahan, kantor pertanahan langsung memisahkan lahan fasum. Atas nama pemkab. Sehingga mau tidak mau harus diserahkan ke pemkab,” jelasnya.

Sigit menambahkan, penyerahan fasum itu fungsinya untuk melindungi konsumen. Ketika diserahkan, fasum menjadi tanggung jawab pemkab. "Kami akan rawat. Sehingga ketika ada kerusakan langsung bisa ditangani,” pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia