Minggu, 27 May 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Stok Bahan Pangan Aman selama Puasa

Kamis, 17 May 2018 20:28 | editor : Lambertus Hurek

Berbagai jenis beras tersedia di Pasar Larangan Candi.

Berbagai jenis beras tersedia di Pasar Larangan Candi. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Awal bulan Ramadan, banyak masyarakat yang diresahkan dengan kenaikan beberapa harga bahan pangan. Kenaikan ini disebabkan oleh keterbatasan stok bahan pokok di pasaran. Pemkab Sidoarjo pun mulai melakukan penanganan agar tidak terjadi lonjakan harga. 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Handajani mengatakan, petugas sudah turun ke seluruh pasar untuk melihat pemicu kenaikan harga bahan pokok. Nah, dari penelusuran petugas, kenaikan itu disebabkan kegelisahan pembeli. "Menjelang puasa banyak warga yang membeli dalam jumlah banyak untuk stok," ujarnya, Kamis (17/5). 

Hal tersebut membuat bahan pangan di pasaran menipis. Namun, Handajani memastikan bahwa stoknya tidak habis.  Stok bahan pangan di pasar tradisional masih melimpah. Semua sudah dicek dan masih banyak. 

Contohnya beras. Dari data Dinas Pangan dan Pertanian, konsumsi beras di Kota Delta bulan lalu mencapai 12 ton. Saat ini stok beras masih 13 ton. Sedangkan untuk minyak goreng, kebutuhan bulan lalu mencapai 10 ton. Sedangkan ketersediaan minyak masih 11 ton .

Handajani mengakui, selama bulan Ramadan kebutuhan bahan makanan bertambah. Apalagi ketika mendekati Lebaran. Untuk itu, penambahan kebutuhan itu terjadi setiap bulan puasa. Pihaknya sudah bersiap. Jika nantinya ada penambahan bahan pangan, Dinas Pangan dan Pertanian sudah menggandeng badan urusan logistik (bulog). "Kami langsung menggelar operasi pasar,” katanya. 

Selain itu, menurut dia, pedagang sudah memiliki cold storage. Terutama pedagang besar. Pihaknya sudah berbincang dengan sejumlah pedagang. Hasilnya cadangan bahan pangan di cold storage masih melimpah. "Kami pastikan sampai akhir bulan ramadan stok pangan aman,” jelasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia