Senin, 25 Jun 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Jelang Lebaran, Hanya Cabe Yang Naik

Rabu, 13 Jun 2018 09:49 | editor : Aries Wahyudianto

Salah satu pedagang di Pasar Gresik saat meladeni pembeli cabe rawit, kemarin.

Salah satu pedagang di Pasar Gresik saat meladeni pembeli cabe rawit, kemarin. (Rofiq/Radar Gresik)

Pemerintah berhasil menekan kenaikan harga bahan pokok selama ramadan dan lebaran tahun 1439 H ini. Dari seluruh bahan pokok, hanya cabe rawit yang harganya mulai mengalami kenaikan sejak dua pekan terakhir. Meski begitu, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperinda) Kabupaten Gresik mengaku tidak khawatir dengan kenaikan tersebut.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik Agus Budiono mengatakan memang sejak dua minggu terakhir harga cabe mengalami kenaikan. Untuk minggu ini, kenaikan cabe berada dikisaran Rp 4.000 perkilogramnya. “Sebelumnya harganya sebesar Rp 31 ribu, saat ini ada dikisaran Rp 35 ribu perkilogramnya,” ujar dia.

Meski begitu, lanjut dia, harga cabe lebaran tahun ini lebih murah dibandingkan dengan lebaran tahun yang lalu. Selain itu, tahun ini kenaikan cabe juga sangat fluktuatif. “Jadi tidak terus-terusan naik seperti tahun lalu. Hanya naik kemudian turun lagi kemudian naik lagi,” terang dia.

Dikatakan, untuk harga bahan pokok yang lain pihaknya menjamin tidak mengalami kenaikan sama sekali. Bahkan, hampir seluruhnya cenderung mengalami penurunan harga. “Dari data 7 pasar di Gresik tidak ada yang mengalami kenaikan hanya cabe saja. Dan saya pastikan ini bisa bertahan hingga lebaran nanti,” tegasnya.

Ditambahkan, pihaknya bakal terus melakukan pemantauan harga di seluruh pasar agar tidak terjadi lonjakan harga. Selain itu, pihaknya juga terus mengontrol para distributor sembako terkait kondisi stok. “Jadi kami bisa cepat melakukan tindakan jika terjadi kekurangan stok atau lonjakan harga,” imbuhnya.

Sementara itu, Fatimah salah satu pedagang Pasar Gresik mengatakan untuk harga tidak ada yang naik. Hanya cabe dan ayam saja sejak awal Ramadan lalu memang mengalami naik turun harga. “Tidak ada hanya cabe saja, sekarang harganya dikisaran Rp 36 ribu sampai 37 ribu perkilogramnya,” kata dia. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia