Sabtu, 26 May 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung
RTH Ngrowo

Belum Diserahkan Kementerian PUPR

Senin, 10 Jul 2017 09:41 | editor : Andrian Sunaryo

PERLU PERAWATAN : Warga yang menikmati taman di RTH Ngrowo.

PERLU PERAWATAN : Warga yang menikmati taman di RTH Ngrowo. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

Belum adanya penyerahan pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) Ngrowo dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berdampak pada kebersihan lokasi tersebut. Seperti yang terlihat di RTH Ngrowo yang berada di sekitar Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung. Padahal sesuai rencana Mei lalu sudah bisa dipegang pemkab.

“ Kami tidak bisa melangkah dalam perawatan. Karena hingga kini RTH tersebut belum diserahkan kepada kami. Jadi takut salah nantinya,” ungkap Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Erwin Novianto.

RTH Kali Ngrowo ini di mana pembangunannya memanfaatkan sempadan sungai Ngrowo dan kawasan ‘tempuran’ sungai. Kawasan tempuran adalah lahan kosong akibat penumpukan sedimen pertemuan dua aliran sungai. Lahan ini kemudian diubah sebagai RTH aktif yang dilengkapi dengan area bermain anak dan arena bermain papan luncur atau skateboard. Penataan RTH Kali Ngrowo sepanjang 6,7 kilometer dengan luas total 2,68 hektare, ini untuk menambah luasan RTH di Tulungagung dan meningkatkan kualitas lingkungan pemukiman bantaran sungai serta diharapkan menjadi sarana rekreasi dan kebugaran masyarakat sekitar.

Pembangunannya dilaksanakan selama tahun anggaran 2016 oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan nilai Rp 11,9 miliar dan diselesaikan dalam waktu 150 hari.

Namun, sayang bangunan tersebut terlihat tidak mendapatkan perawatan. Selain itu juga, adanya beberapa lampu taman yang pecah. “ Kami sudah menyampaikan kepada pihak provinsi untuk segera diserahkan, agar kami bisa segera mengelola dan merawat taman tersebut. Kami juga takut salah karena belum mempunyai kewenangan,” ujar Erwin-sapaan akrabnya.(rka/din

(rt/rak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia