Selasa, 19 Jun 2018
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Stimulus Pelaku Usaha dengan Gebyar UMKM dan Pasar Rakyat

Selasa, 22 Aug 2017 07:05 | editor : Andrian Sunaryo

Stimulus Pelaku Usaha dengan Gebyar UMKM dan Pasar Rakyat

DIMULAI : Dari kiri Muhammad Siswanto Kepala Dinas Komidag, istri Bupati Emil, Arumi Bachsin, Bupati Emil Elestianto Dardak, Kepala Dinas Koperasi & UKM Pemprov Jatim Mas Purnomo Hadi, Wabup Mochammad Nur Arifin, dan istrinya, Novita Hardini saat pemotongan pita dimulainya gebyar UMKM dan pesta rakyat tadi malam,(20/8). (KUKUH FOR RADAR TRENGGALEk)

TRENGGALEK – Pemerintahan Bupati Emil Elestianto Dardak dan Wabup Mochammad Nur Arifin terus memberikan stimulus bagi pelaku usaha kecil. Salah satunya dengan diselenggarakannya Gebyar UMKM dan Pasar Rakyat yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi. Tujuannya, tak lain agar perekonomian kian tumbuh dan maju sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, khusunya bagi pelaku usaha di Bumi Menak Sopal.

Acara yang dibuka bersama-sama dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Dr Mas Purnomo Hadi, MM ini juga diikuti oleh 10 Kabupaten/ Kota sekitar. Mulai Kabupaten/Kota Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten/ Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Tulungagung, Ponorogo, dan Pacitan. “ Totalnya ada sekitar 20 peserta UMKM perwakilan dari kota/kabupaten tersebut, yang juga ikut memeriahkan Gebyar UMKM dan Pasar Rakyat di Trenggalek ini,” ungkap Kepala Dinas Koperasi usaha Mikro dan Perdagangan, Muhammad Siswanto, kemarin(21/8).

Gebyar UMKM ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai 20 hingga besok 23-Agustus 2017. Sedanngkan, untuk pasar rakyat akan berlangsung hingga puncak perayaan Hari Jadi ke-823 Kabupaten Trenggalek pada 31 Agustus.

Muhammad Siswanto berharap adanya rangkaian acara terebut, pelaku usaha di  Trenggalek kian bersemangat untuk produktif. Artinya, tidak hanya bersaing di lokal Trenggalek, namun juga berani menjajakan produk unggulannya hingga keluar daerah. “ Ini juga sebagai sarana untuk memperkenalkan produk lokal Trenggalek ke luar daerah,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Mas Purnomo Hadi mengatakan, Pemprov Jatim siap membawa produk-produk daerah ke pasar yang lebih luas. Hanya, pelaku usaha juga harus siap menjadi petarung atau bersaing dengan produk-produk luar, tidak hanya sebagai tuan rumah di derah.

Menurut dia, dari pantauan selama ini ada beberapa hal yang memang perlu untuk terus diperbaiki. Bukan pada tataran rasa, namun selama ini kemasan menjadi tantangan para pelaku usaha untuk dapat bersaing dengan produk lain, utamyanya dari luar negeri. “ Tapi yang saya lihat dalam pameran ini, kemasannya tidak kalah dengan yang dari luar,” katanya.

Di Lokasi yang sama Bupati Emil Elestianto Dardak mengatakan, kedatangan kepala dinas Koperasi dan UMKM Jatim merupakan sebuah keberuntungan dan kehormatan bagi masyarakat Trenggalek. Itu karena ada banyak peluang serta informasi baru bagi pelaku usaha yang dibawa oleh pemerintah provinsi tersebut. Terlebih lagi Trenggalek menjadi salah satu daerah yang terpilih menjadi tuan rumah untuk gebyar UMKM, yang tidak semua daerah berkesempatan. “ Terimakasih dan monggo dilihat, ini semua yang dipamerkan adalah produk pelaku UMKM di Trengalek dan daerah-daerah di Jawa Timur,” katanya.

Pihaknya juga mengajak pelaku usaha di Jawa Timur untuk bersama mendukung produk serta ekonomi Jawa Timur dari sector usaha kecil menengah. Dengan harapan ekonomi Jawa Timur semakin maju sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia