Sabtu, 23 Jun 2018
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Bangun Jiwa Leadership, Trenggalek Sukses Gelar Jambore Pemuda

Dibuka Wagub Jatim

Selasa, 24 Oct 2017 07:05 | editor : Andrian Sunaryo

AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak saat menyampaikan sambutan dalam Cermony pembukaan jambore pemuda daerah di Pantai Prigi kemarin(23/10). (VISIONER :)

TRENGGALEK – Jambore Pemuda Daerah 2017 resmi dibuka, kemarin (23/10). Agenda rutin milik Pemprov Jatim tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur, Saifullah Yusuf. Kegiatan ini merupakan upaya pembinaan kepada para pemuda yang ada di Jatim. Salah satu output-nya adalah konektifitas antar pemuda di wilayah Jatim, sehingga hal yang baik di suatu daerah bisa ditularkan di daerah lain.

Kali ini, Kota Keripik Tempe yang dipercaya sebagai tuan rumah dalam kegiatan bergengsi tak mau mengecewakan.Ya, selain sarana pendukung untuk kegiatan ini dimaksimalkan, dalam rangkaian pembukaan sengaja dihadirkan ratusan atau bahkan ribuan anak untuk menunjukkan tarian khas Trenggalek, yakni Turangga Yakso. Alhasil, hal itu pun mengundang decak kagum, sehingga Wakil Gubernur pun menyarankan untuk membuat kegiatan sejenis dalam level yang lebih besar dan menciptakan Rekor MURI.

Seusai prosesi pembukaan kegiatan ini, Saifullah Yusuf menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi target diselenggarakannya kegiatan tersebut. Diantaranya, membangun jiwa leadership para pemuda. Disisi lain, pemuda berkarakter, berakhlak, cinta budaya serta pemuda yang memiliki kompetensi.

: Ratusan anak tengah unjuk kebolehan di hadapan Wagub Jatim, Kadispora Jatim, bupati serta pejabat provinsi yang hadir dalam kegiatan itu

: Ratusan anak tengah unjuk kebolehan di hadapan Wagub Jatim, Kadispora Jatim, bupati serta pejabat provinsi yang hadir dalam kegiatan itu (BERSEMANGAT)

Dalam kesempatan tersebut, para pemuda ini juga membawa misi unjuk kebolehan potensi daerah asal. Mulai dari kebudayaan hingga produk-produk UMKM unggulan yang ada di daerah masing-masing. Dengan itu, diharapkan ada tukar informasi serta pengalaman antar pemuda di Jatim. “ Kontribusi UMKM untuk PDRB kita sampai 54 persen, ” katanya.

Di lokasi yang sama, Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim telah mempercayakan Kota Keripik Tempe sebagai tuan rumah. Pada kesempatan tersebut, Pemkab Trenggalek juga sekaligus ingin menunjukkan keseriusan dalam membangun nilai-nilai kemaritiman di kalangan pemuda.  Itu setelah beberapa waktu lalu juga diselenggarakan kegiatan kepemudaan di pesisir selatan. “ Yang paling penting, mereka saling membangun jejaring. Jadi ada sinergi antar wilayah, jangan setelah pulang malah lost contack,” harapnya.

Bupati mengaku akan selalu antusias menyambut peluang-peluang kegiatan sejenis. Mengingat, hal itu juga akan mengangkat Prigi sebagai barometer kebudayaan dan pembangunan di pesisir Jawa Timur. Pihaknya juga berharap, kegiatan tersebut bisa menghasilkan Agent of Chane alias agen perubahan dan membawa hal positif ke daerah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Jatim mengatakan Jambore Pemuda Daerah ini telah digelar selama 4 tahun terakhir.  Jambore pemuda ini tidak hanya berhenti hanya dalam waktu 4 hari selama kegiatan berlangsung. Pasca kegiatan ini masih ada kegiatan lain, yang diwadahi dalam bentuk alumni jambore pemuda daerah. Itu sekaligus mempermudah komunikasi pemuda di Jatim dalam banyak hal, utamanya dalam berwirausaha. “ Setelah dari sini, mereka ada link dalam berwirausaha, mereka tergabung dalam Purna Prakarya Muda,” ujarnya. (hai/tri)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia