Jumat, 22 Jun 2018
radartulungagung
icon featured
Politik
Anggota DPR RI Komisi VI dari Dapil VII Jatim

Reses di Lima Lokasi, Sartono Ajak Warga Trenggalek Tingkatkan SDM

Senin, 08 Jan 2018 11:04 | editor : Anggi Septian Andika Putra

TINGKATKAN SDM : Sartono Hutomo bersama warga dan pelaku UKM di Desa Pringapus Kecamatan Dongko.

TINGKATKAN SDM : Sartono Hutomo bersama warga dan pelaku UKM di Desa Pringapus Kecamatan Dongko. (titin radar trenggalek)

TRENGGALEK - Lima lokasi didatangi Sartono Hutomo, anggota DPR RI Komisi VI dari Dapil VII Jatim saat reses pada Kamis—Jumat (4—5/12) kemarin. Selain menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat, Sartono juga menyalurkan berbagai bantuan kepada kelompok masyarakat yang dikunjunginya. 

 Kunjungan Sartono dimulai dari turut bergotong-royong bersama warga di Desa Ngrandu, Kecamatan Suruh. Warga bergotong-royong membangun masjid di desa setempat. Kesempatan ini dugunakan Sartono untuk dialog nonformal dengan warga. Selanjutnya, Sartono bergeser ke gedung serba guna di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko. Di sana, Sartono bergabung dengan ibu-ibu dari PKK Desa Sumberbening yang mengadakan Gebyar Senam Sehat. Setelah berdialog, tak lupa Sartono menyerahkan kenang- kenangan untuk PKK Sumberbening.

Kedatangan Sartono juga sangat ditunggu warga Desa Pringapus Kecamatan Dongko. Warga menggelar Gebyar Seni Jaranan dan UKM. Selain memberikan hiburan pada warga, juga kesempatan bagi pelaku UKM, terutama industri rumah tangga, untuk memamerkan dan menjual aneka produk olahan pangan maupun pernak-pernik kerajinan tangan. Meski sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat warga untuk menyambut, berdialog, maupun menggelar atraksi. Warga juga terlihat begitu antusias datang dan mengikuti acara tersebut. 

LESTARIKAN KESENIAN : Sartono Hutomo bersama seniman grup tari jaranan di Desa Pringapus Kecamatan Dongko.

LESTARIKAN KESENIAN : Sartono Hutomo bersama seniman grup tari jaranan di Desa Pringapus Kecamatan Dongko. (Titin Radar Trenggalek)

Berikutnya, Sartono meninjau program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) pada sarana dan prasarana di SMP Gotong Royong di Desa Wonokerto, Kecamatan Suruh. Sartono menyalurkan bantuan sarana dan prasarana untuk sekolah ini. Masih di Desa Wonokerto, Sartono juga meninjau pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) kelompok budidaya jamur dan keripik rengginang. 

Terakhir, tujuan kelima dari reses Sartono bertempat di rumah warga di Dusun Krajan, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu. Berlangsung serah terima bantuan hand tractor kepada kelompok tani mugi rahayu. Sartono menyampaikan, bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah, yang diharapkan bisa memberikan manfaat di bidang pertanian. 

"Ini fasilitas pertanian dari pemerintah untuk masyarakat, yang juga saya salah satunya, bagaimana program dari pusat bisa untuk masyarakat Pucanganak. Berikutnya, kita lihat di Pucanganak ini, sumber daya alamnya ada, tempat wisata sedang dibangun dan akan benar-benar bisa dimanfaatkan. Nah, di sinilah kita harus menyiapkan SDM yang berkaitan dengan wisata dan UMKM," kata Sartono. 

Sartono mengharapkan peran aktif dari warga Pucanganak untuk bisa menyinergikan program-program yang bisa dilaksanakan dengan mitra komisinya, yaitu BUMN, perindustrian, dan perdagangan. "Kita songsong kepariwisataan ini dengan SDM yang tanggap, masyarakat sudah siap dan tidak gagap sehingga masyarakat bisa turut berperan dan merasakan manfaatnya. Kita bisa berikan pelatihan pengolahan makanan dan pengemasan yang baik dan menarik, serta berbagai pelatihan lainnya," ucap Sartono. 

Sartono juga menyampaikan akan berusaha membantu mengawal pengajuan dari pemerintah desa ke pusat. Setelah selesai, agenda reses di Trenggalek, bersama timnya, Sartono, melanjutkan reses ke tujuh titik di Kabupaten Ponorogo. (ed/tin)

(rt/ang/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia