Selasa, 19 Jun 2018
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

PSC Kabupaten Trenggalek Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Jumat, 23 Feb 2018 08:46 | editor : Anggi Septian Andika Putra

PRAKTIK : dr Bobi Prabowo, Sp.EM saat melatih praktik peserta sosialisasi BHD.

PRAKTIK : dr Bobi Prabowo, Sp.EM saat melatih praktik peserta sosialisasi BHD. (titin / ratu)

TRENGGALEK – Public Safety Center (PSC) Kabupaten Trenggalek dengan call center 119 terus membuat terobosan untuk memaksimalkan pelayanan gawat darurat. Salah satunya dengan peningkatan SDM untuk menyiapkan SDM yang terlatih gawat darurat. Untuk itu dilaksanakan pelatihan yang berlangsung di Hotel Hayam Wuruk, dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan pada 12—13 Februari 2018 lalu. Peserta mendapatkan materi bantuan hidup dasar (BHD) untuk masyarakat awam plus. Yaitu polisi dari Polres Trenggalek, TNI dari Kodim 0806 Trenggalek, Basarnas Trenggalek, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Trenggalek, Palang Merah Indosia (PMI) cabang Trenggalek, dinas perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Trenggalek dari organisasi wanita, serta perwakilan pelajar.

Dengan diberikannya materi kepada masyarakat awam plus, diharapkan jika menemukan kondisi gawat darurat, masyarakat setidaknya mampu memberikan pertolongan awal sebelum ada pertolongan dari petugas kesehatan.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pengantar dari Koordinator PSC Trenggalek dr M. Rofiq Hindiono, MMRS. Dimulai dari penjelasan tentang PSC. Salah satu tujuannya yakni meningkatkan akses dan mutu layanan gawat darurat dengan mempercepat waktu penanganan dalam memberikan pertolongan pertama atas kasus gawat darurat di masyarakat, sampai tuntas. Baik gawat darurat medis maupun nonmedis.

Selanjutnya, penjelasan tentang penyelenggaraan PSC yang melibatkan fasilitas kesehatan maupun fasilitas pelayanan nonkesehatan. Disampaikan juga tentang sistem komunikasi gawat darurat maupun fungsinya. Kemudian tentang ketenagaan dan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Trenggalek. Sampai akhirnya berujung pada manfaat yang ingin didapatkan dari berbagai terobosan PSC Trenggalek.

TERLATIH : Para peserta pelatihan BHD gelombang pertama yang diselenggarakan PSC Kabupaten Trenggalek.

TERLATIH : Para peserta pelatihan BHD gelombang pertama yang diselenggarakan PSC Kabupaten Trenggalek. (titin / ratu)

Yaitu untuk mendapatkan pelayanan gawat darurat yang lebih cepat, tepat, akurat, mudah diakses, terjangkau, dan aman. Selain itu juga mendapatkan kepastian dan tindak lanjut terhadap pelayanan gawat darurat. Serta mudah dalam mendapatkan informasi pelayanan kesehatan. Dapat dipandu untuk pertolongan pertama. “Mendapatkan pendidikan dan pelatihan pertolongan gawat darurat serta menurunnya angka kematian,” ucap Rofiq.

Rofiq berpesan agar masyarakat memanfaatkan call center jika menemui kondisi gawat darurat. "Jika terjadi gawat darurat, segera hubungi nomor  telepon 119 atau 0355-791119. Petugas call center akan merespons telepon anda dan segera menghubungi puskesmas terdekat untuk mengirimkan tenaga dan ambulans ke lokasi kejadian," ucap Rofiq.

Materi bantuan hidup dasar (BHD) bagi masyarakat dari Tim BLS IGD RSUD dr Iskak Tulungagung, disampaikan oleh dr Bobi Prabowo, SpEM. Bobi menjelaskan, indikasi dari BHD yaitu henti nafas dan henti jantung. Karena itu, tujuan dari BHD, pertama untuk mencegah berhentinya sirkulasi atau berhentinya pernafasan. Kedua, memberikan bantuan eksternal terhadap sirkulasi dan ventilasi dari pasien yang mengalami henti nafas dan henti jantung melalui resusitasi jantung paru (RPJ).

Bobi kemudian menjelaskan mengenai rangkaian BHD untuk dewasa maupun bayi. Mulai dari menilai respons pasien, memeriksa nadi, memberi pijatan jantung luar, pemeriksaan jalan nafas, sampai kemudian korban siap diangkut ambulans untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit. Setelah penyampaian materi melalui teori, kemudian dilanjutkan dengan praktik. (ed/tin)

(rt/ang/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia