Senin, 28 May 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Jarianto Pimpin Tulungagung Sebagai Pj Bupati

Sabtu, 05 May 2018 10:57 | editor : Anggi Septian Andika Putra

KHIDMAT: Prosesi pelantikan Pj Bupati Tulungagung Jarianto oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya kemarin (4/5).

KHIDMAT: Prosesi pelantikan Pj Bupati Tulungagung Jarianto oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya kemarin (4/5). (HUMAS PEMKAB TULUNGAGUNG FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Jarianto resmi menjabat sebagai pejabat (Pj) bupati Tulungagung. Itu setelah dirinya dilantik oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo kemarin (4/5). Pelantikan berlangsung khidmat di Gedung Grahadi Surabaya, sekitar pukul 09.00. Sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga hadir dalam pelantikan tersebut.

Kabag Humas Pemkab Tulungagung Sudarmaji mengatakan, Pj Bupati Tulungagung Jarianto bukanlah orang baru dalam lingkup pemerintahan. Sebab, dalam keseharian, pria tersebut merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim.

Pelantikan Pj Bupati Tulungagung juga bersamaan dengan pelantikan Pj Bupati Nganjuk. Ada beberapa hal yang disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo setelah pelantikan. Terutama ditujukan kepada para Pj Bupati.

KOMPAK: Pj Bupati Tulungagung Jarianto foto bersama sejumlah kepala dinas di lingkup Pemkab Tulungagung usai dilantik kemarin (4/5).

KOMPAK: Pj Bupati Tulungagung Jarianto foto bersama sejumlah kepala dinas di lingkup Pemkab Tulungagung usai dilantik kemarin (4/5). (HUMAS PEMKAB TULUNGAGUNG FOR RATU)

Beberapa di antaranya wajib ikut menyukseskan pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan bupati (pilbup). Selain itu, segera berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Ini juga terkait pemerintahan dan menjaga suasana kondusif di daerah masing-masing.

“Gubernur Soekarwo juga mengimbau agar aparatur sipil negara (ASN) harus tetap menjaga netralitas,” katanya.

Pj Bupati Tulungagung Jarianto menjabat selama setahun ke depan atau setelah dilantiknya bupati definitif. Artinya, dalam waktu satu tahun, Jarianto bakal melanjutkan program-program yang saat ini berjalan di Tulungagung.

Termasuk penataan agar lebih baik. Namun, Pj Bupati tidak diperbolehkan untuk melakukan mutasi pegawai.

“Jadi tidak boleh mutasi pegawai, tanpa adanya izin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelas pria ramah itu.

Dia menceritakan, sebelum dilantiknya Pj Bupati, ada pelaksanan harian yang dipegang oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung Indra Fauzi.

Namun setelah adanya surat keputusan dari pemerintah pusat terkait dilantiknya Pj Bupati, maka tugas selanjutnya dilaksanakan oleh Pj tersebut. (wen/ed/din)    

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia