Sabtu, 26 May 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Didik Lulusan Siap Kerja, SMKN 1 Pogalan Buka Kelas Alfamart

Rabu, 16 May 2018 08:48 | editor : Anggi Septian Andika Putra

TERUS BERINOVASI : Kepala SMKN 1 Pogalan Dra. Sriatiningsih, M.Pd. mendampingi Kepala Cabdispendik Provinsi Jatim wilayah Trenggalek Supriyadi menggunting pita tanda peresmian Business Center, Laboratorium Pengelolaan Bisnis Retail

TERUS BERINOVASI : Kepala SMKN 1 Pogalan Dra. Sriatiningsih, M.Pd. mendampingi Kepala Cabdispendik Provinsi Jatim wilayah Trenggalek Supriyadi menggunting pita tanda peresmian Business Center, Laboratorium Pengelolaan Bisnis Retail

TRENGGALEK- SMKN 1 Pogalan terus berinovasi demi meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswanya dan menghantarkan lulusan siap kerja.

Buktinya kemarin (14/5) sekolah di Jalan Tulungagung-Trenggalek, nomor 3 masuk Desa Ngetal, Kecamatan Pogalan tersebut mengadakan penandatanganan kerja sama program pendidikan manajemen ritel Alfamart Class bersama P.T. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, sekaligus meresmikan  Business Center, Laboratorium Pengelolaan Bisnis Retail.

Kepala SMKN 1 Pogalan Dra.  Sriatiningsih, M.Pd. mengatakan, sebenarnya pada 2018 ini merupakan tahun ke-3 kerjasama SMKN 1 Pogalan dengan P.T Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Sehingga selama tiga tahun, jika ada siswa yang ingin ilmu terkait pasar retail, Alfamart bisa mewadahinya, bukan hanya dalam praktikum melainkan juga penyerapan tenaga kerja.

“Tentu saja, siswa pada jurusan pemasaran yang ingin tergabung dalam Alfamart Class, harus diseleksi dahulu berdasarkan ketentuan pihak bersangkutan,” katanya.

Selain untuk proses pembelajaran sendiri, lanjut Dra. Sriatiningsih, M.Pd. siswa yang tergabung dalam kelas tersebut, setelah lulus jika menghendaki bisa langsung bekerja sebagai karyawan di Alfamart tanpa melewati masa training seperti pelamar pada umumnya.

Sebab, dalam proses pembelajaran di sekolah selain menggunakan kurikulum pada umumnya, juga menggunakan kurikulum yang telah disingkronkan dengan pihak Alfamart.

“Di tahun pertama pembukaan kelas yang lulus tahun ini ada sembilan siswa, yang delapan ingin bergabung sedangkan satunya mendapatkan tawaran dari perusahaan lainnya. Dan, dalam tiap tahun peminat kelas ini terus bertambah, seperti tahun ini ada 27 siswa,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Trenggalek Drs. Supriyadi, M.M.  sangat mengapresiasi inovasi yang dijalankan oleh SMKN 1 Pogalan, agar lulusannya siap kerja.

Mengingat lulusan SMK tidak hanya di desain untuk meneruskan di bangku kuliah, tetapi juga didesain agar siap kerja.

“Dengan pembentukan kelas ini pastinya lulus sudah memiliki kompetensi dan siap bersaing di dunia industri, makanya saya berharap ada terobosan lain yang dilakukan sekolah dengan menggandeng perusahaan lain untuk menciptakan lulusan siap kerja,” imbuhnya.

Di lain pihak People Development Manager P.T. Sumber Alfaria Trijaya Tbk  Cabang Malang Ranti Zahara mengatakan, kerjasama seperti ini telah dilakukan sejak 2015 lalu dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Dengan demikian SMKN 1 Pogalan merupakan sekolah ke-52 yang menjalin kerjasama. Selain itu dalam pelaksanakan KBM, kurikulum yang dilaksanakan dalam kelas tersebut telah sesuai dengan kebutuhan retail.

”Guru yang mengajar kelas Alfamart itu disini sudah memahami kurikulum baru itu, dan kami pun siap jika diminta untuk menghadirkan guru tamu guna meningkatkan proses pembelajaran,” ungkapya. (jaz/and)

(rt/ang/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia