Jumat, 22 Jun 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Temukan Produk tanpa Izin Edar

Rabu, 06 Jun 2018 10:06 | editor : Anggi Septian Andika Putra

PASTIKAN AMAN : Tim gabungan memeriksa mamin untuk persiapan Lebaran 2018 di sejumlah toko modern, kemarin (6/5).

PASTIKAN AMAN : Tim gabungan memeriksa mamin untuk persiapan Lebaran 2018 di sejumlah toko modern, kemarin (6/5). (AGUS DWIYONO/ RATU)

TULUNGAGUNG-Tim gabungandari DinasKesehatan(Dinkes) Tulungagung dan polisi menggelar inspeksimendadak (sidak) di beberapatoko modern yang menjual parselLebaran.

Itu untuk memastikan produk makanan dan minuman (mamin) yang beredar aman dikonsumsi.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Tulungagung, sidak kemarin (5/6) mulai pukul 09.00 dengan menyasar Belga Swalayan di Kelurahan Kenayan, Kecamatan Tulungagung dan lanjut ke Toko Golden, Jalan Ahmad Yani timur nomor 66. Tim terakhir memeriksa mamin di Toko Surya Bakery, Jalan MT Haryono, Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung.

Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Tulungagung Masduki mengatakan, menjelang Lebaran, tidak jarang kebutuhan bahan pokok akan merangkak naik, terutama mamin untuk persiapan hari raya.

Menurut dia, dengan kebutuhan barang dibutuhkan warga semakin banyak, maka memberi celah produsen atau distributor nakal dengan memperdagangkan produk-produk tidak memenuhi syarat.

“Kami pantau produk tanpa izin edar, produk mendekati atau sudah kedaluwarsa, serta produk mengalami kerusakan atau penyok,” ujarnya.

Untuk antisipasi tersebut, tim gabungan sidak dengan tujuan memastikan mamin layak konsumsi dan tidak bahaya bagi kesehatan.

“Terpenting pembeli dan saat mengonsumsi barang-barang tersebut selamat dan sehat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hasil sidak di tiga tempat itu ditemukan tempat penyimpanan produk frozen tidak sesuai ketentuan.

“Untuk frozen, minimal suhu 18 derajat ke atas lebih baik. Jadi kalau kurang dari suhu tersebut, zat gizi makanan akan habis dimakan kuman. Tadi ditemukan banyak yang di bawah ketentuan,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk toko terakhir yang didatangi tim, di Toko Surya Bakeri ditemukan empat produk tanpa izin edar dan beberapa label produk tidak sesuai ketentuan.

Sementara itu, Kanit Pidana Khusus Polres Tulungagung Ipda Luis Beltrand mengatakan, rata-rata toko modern yang disidak sudah mematuhi aturan. (yon/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia