Rabu, 20 Jun 2018
radartulungagung
icon featured
Features
Wakili Jatim dalam KPCI di Bogor

Mengenal Auzaan Arvian, Lulusan SD Islam Azhaar Yang Berprestasi

Senin, 11 Jun 2018 10:24 | editor : Anggi Septian Andika Putra

BERPRESTASI : Auzaan Arvian atau Devan menujukkan piala yang pernah diraihnya.

BERPRESTASI : Auzaan Arvian atau Devan menujukkan piala yang pernah diraihnya. (SD ISLAM ALZHAAR FOR RATU)

Auzaan Arvian merupakan lulusan SD Islam Azhaar Tulungagung yang meraih berbagai prestasi. Tentu itu tidak lepas dari dukungan pihak sekolah dan orang tua.

Marlynda Agastin

Ramah dan smart merupakan kesan pertama saat bertemu Auzaan Arvian. Devan, sapaan bocah tersebut, merupakan santri peraih nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) terbaik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung 2018.

“Saya hanya diberitahu jumlah nilainya saja,” ujarnya kepada  Jawa Pos Radar Tulungagung, kemarin (9/6).     

Dia tidak mengetahui kalau jumlah nilai USBN mencapai 272,3. Itu merupakan nilai tertinggi di sekolahnya saat diberi tahu Kepala SD Islam Al Azhaar Ustad Nur Chozin MPdI. Dengan capaian tersebut, menjadikan SD Islam Al Azhaar Tulungagung mampu mempertahankan prestasi sebagai sekolah dasar swasta terbaik di Kota Marmer ini.

Diketahui jika Devan sudah menampakkan bakatnya sejak kecil. Buktinya, ikut beberapa kompetisi serta olimpiade dan sering dapat juara.

Bahkan, sejak kelas 1 SD sudah memenangkan beberapa kompetisi akademik. Di antaranya  juara I Olimpiade bahasa Inggris kategori kelas IV (ASMA Trenggalek), juara I olimpiade bahasa Inggris kategori kelas V se-eks Karesidenan Kediri (piala bergilir kepala dinas pendidikan dan olahraga) di SMP Al Azhaar Tulungagung.

Menurut dia, lomba palingberkesan adalahwakili Jawa Timur (Jatim) sebagai finalis nasional KompetisiPenulis Cilik Indonesia (KPCI) di Bogor tahun 2016.

Melalui KPCI, dia bisa bertemu dan berbagi ilmu dengan 46 penulis cilik dari seluruh Indonesia. Kegemaran menulis ini seiring dengan kegemarannya membaca. Buku selalu jadi sahabatnya sejak kecil. Serial Harry Potter menjadi favoritnya selain Naruto, serial misteri, dan lain-lain. Sehingga dirinya mulai belajar menuangkan imajinasi dalam bentuk tulisan.

Tentu dengan prestasibocah 12 tahun itu tak lepas dari lingkungan belajar yang kondusif di SD Islam Al AzhaarTulungagung.

“Saya senang di Al Azhaar, ada ustad-ustadah yang baik-baik semua,” jelasnya.

Dia sangat enjoy dengan pembelajaran di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Yakni kegiatan pagi diawali dengan mengaji dan salat Duha menjadikan santri-santrinya lebih siap menerima berbagai ilmu. Bahkan, saat ini sudah menguasai hafalan Alquran (tahfidz) 4 juz dan surat-surat pendek. Capaian tersebut sangat membanggakan sebagaimana motto sekolah

“Membina Generasi Robbani sebagai Generasi Unggul di Masanya yang Mampu Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Dasar Keislaman yang Kuat sehingga bisa Menjadi Harapan Kedua Orang Tua Menjadi Anak yang Saleh Salehah yang Dibanggakan Allah SWT dan Rasulullah SAW”.

Selain itu, diSD Islam Al Azhaar Tulungagung, keberagamanpotensi anak dilayani dan dimaksimalkan sesuai kebutuhannya.

Wajar jika menjadikan siswa-siswi SD Islam Al Azhaar Tulungagung betul-betul dapat layanan pendidikan maksimal dengan bimbingan murobbi dari para asatidz yang sudah tidak diragukan lagi kapasitas keilmuan dan keistikamahannya dalam mengemban amanah pendidikan. Tak heran banyak masyarakat Tulungagung mempercayakan pendidikan dasar putra-putrinya kepada SD Islam Al Azhaar Tulungagung.

Dia bercita-cita menjadi dokter anak yang saleh, bermanfaat untuk umat. Dan memiliki motto hidup

‘Siapa bersungguh-sungguh, pasti berhasil, man jadda wa jadda.’ “Ya harus semangat belajar dan senantiasa berdoa,” jelasnya.

Bapak Devan, Agus Muharyanto mengaku, tak pernah memaksa anaknya untuk belajar. Semua mengalir begitu saja.  

Namun, dia selalu berusaha menjalin komunikasi positif dengan putra semata wayangnya ini.

“Memposisikan diri sebagai sahabat karena Devan cenderung pemalu dan tertutup. Terpenting jadi anak saleh, insyaallah akan berkah dan yang lain akan mengikuti, “ tuturnya.

Dia berharap, prestasi anaknya menjadikan motivasi bagi generasi SD Islam Al Azhaar selanjutnya untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu dan meraih keberkahan ilmu dari Allah SWT. (*/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia